Ir Zaidir Gantikan M Dien Ketua LPJK Sumbar

0

EkspresNews.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengukuhkan tujuh orang pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) Sumbar periode 2016-2020 di gedung Dinas Tata Ruang dan Sarana Jalan serta Pemukiman pada Rabu (4/1) lalu. Ketujuh pengurus yang dikukuhkan tersebut adalah Prof. Zaidir IPU sebagai ketua, mewakili perguruan tinggi, Wakil Ketua 1 merangkap anggota Apwiddhal ST MT utusan asosiasi profesi, Wakil Ketua II merangkap Anggota Drs. Zidarmi Msi dari usur pemerintah, Wakil Ketua III merangkap Anggota Martious Alius dari utusan asosiasi perusahaan. Kemudian anggota Asrini ST dari asosiasi profesi, anggota DR. Ir Eko Alvarez MSA dari perguruan tinggi atau pakar, dan anggota Afrizal dari asosiasi perusahaan.

lpjkGubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, LPJK memberikan peranan yang sangat penting dalam jasa kontruksi di Sumbar. Karena, katanya, Sumbar termasuk provinsi yang rawan terhadap gempa. Oleh sebab itu, dibutuhkan bangunan yang kokoh agar bisa bertahan terhadap ancaman tersebut. “Jadi memang, kita di Sumbar sering terjadi gempa. Dampaknya tentu ke Bangunan. Bangunan pun hasil karya manusia. Ini dikaitkan dengan tekhinologi. Agar kita tidak kena musibah, maka ikutilah teknologi dan teori bagaimana membangun rumah agar tidak mudah runtuh,” katanya usai pengukuhan pengurus tersebut.

Ia mengatakan, masyarakat di Sumbar hendaknya memperhatikan dan melaksanakan teori atau cara membangun rumah yang layak dan tahan terhadap gempa yang sudah ditetapkan oleh LPJK. Dengan begitu, tidak akan ada rumah masyarakat yang runtuh bila terjadi gempa.

“Masyarakat harus mengikuti skala bagunanan. Bagaimana rumahnya dengan skala gempa 6,5 SR, rumah tersebut tidak runtuh. Semua cara pembangunan tersebut pada LPJK sudah diatur. Tidak hanya pada LPJK, dalam peraturan daerah pun sudah diatur. Tinggal masyarakat yang harus memperhatikan dan melaksanakannya,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Zaidir yang baru saja dikukuhkan sebagai ketua Pengurus LPJK mengatakan, sebetulnya, LPJK dibentuk adalah karena amanat undang-undang. Kemudian, ia berharap, LPJK Sumbar dapat bersaing, baik tingkat daerah, Nasional ataupun internasional. Tidak hanya itu, ia bertekad akan membawa LPJK Sumbar menjadi jasa kontruksi yang handal, sesuai dengan amanat undang-undang. Kemudian, Ketua LPJK periode 2012-2016 Muhammad Dien Dt. Tumanggung mengatakan, akan selalu membantu pengurus yang baru saja dikukuhkan. Ia berharap, dengan dikukuhkannya pengurus LPJK yang baru, jasa kontruksi di Sumbar akan menjadi lebih baik.

(Asra)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.