Yulihasri Talk : Konflik Harus di Kelola bukan di Hindari

0

Dalam kehidupan kita sehari hari, kita dihadapkan dengan masalah konflik. Kita tak bisa menghindari konflik baik dengan diri kita sendiri, dengan orang lain, dengan kelompok lain.

Kata konflik berasal dari bahasa latin Confligo yang berarti pertentangan. Pengertian konflik sederhana berarti pertentangan atau percekcokan terjadi pada diri sendiri sesama individu. antar kelompok atau lebih luas lagi terjadi antar organisasi.

Dalam ilmu manajemen ada tiga teori konflik sesuai dengan ilmu manajemen itu sendiri yaitu :

  1. Teori klasik berpendapat bahwa konflik harus dihindari karena akan merusak kinerja organisasi.

2.Teori Abad pertengahan yang berpendapat bahwa konflik harus dikelola karena konflik tak bisa dihindari, dan teori ini dimulai cabang baru ilmu manajemen yaitu manajemen konflik.

  1. Teori Modren yang berpendapat bahwa konflik kita butuhkan yang kita sebut konflik fungsional yang di butuhkan untuk koreksi organisasi kedepannya. Justru tidak adanya konflik dalam organisasi pertanda ada kebekuan (Apathy) dalam suatu organisasi.

Jadi kita harus mengelola dan mengatasi konflik dan tidak menganggap konflik itu satu yang merugikan apalagi menakutkan tapi hal positif dan bisa di kelola.

Adapun penyebab konflik secara umum adalah :

  1. Komunikasi 2. Faktor personal (nilai nilai pribadi dan 3. Faktor organisasi.

Dalam manajemen konflik ada beberapa cara mengelolanya sebagai berikut :

  1. Competting (bersaing dan ada satu pihak yang dimenangkan 2. Collobarating ( mencari win win solution) 3. Compromising (sepakat mencari yang terbaik tapi tak tahu mana yang kalah dan menang 4. Avoiding ( menghidari dan mengabaikan pihak mana tidak setuju ) 5. Accomodating ( sama sama berkorban untuk menjaga keutuhan hubungan)

Kesimpulan : Konflik adalah realita kehidupan tak bisa dihindari. Teori Konflik yang paling banyak kita pakai adalah teori modern dimana kita membutuhkan konflik untuk koreksi dan perbaikan. Penyebab konflik adalah komunikasi, faktor pribadi dan faktor organisasi dan teknik pengelolaan konflik adalah competing, collaborating, compromising, avoiding dan accomodating .

Demikianlah tulisan pendek ini dan semoga ada bermanfaat.

Aamiin YRA

Dr. Yulihasri. MBA

Terima Kasih

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.