Yulihasri Talk : Humor (Ketawa) Untuk Sehat

0

Dalam kehidupan sehari hari kita di hadapkan dengan masalah dan kesulitan hidup membuat kita tertekan dan kadang kala sampai tahap frustasi.

Tetapi, Tuhan yang Maha Kuasa berbuat adil bahwa disamping ada kesusahan ada juga kesenangan. Salah satu adalah humor membuat kita senang dan ketawa.

Humor adalah alat ampuh untuk bisa menghilangkan (release) stress dan rasa tertekan itu. Kadang kadang dengan Humor kita bisa mengetawakan diri kita sendiri supaya tidak berfikir bahwa hanya masalah kita paling berat di dunia ini.

Humor bisa juga untuk mengkritik politik dan pemerintahan. Dimana kita tak bisa secara langsung mengkritik nya tapi dengan humor bisa disamarkan kritikan itu sehingga tidak menimbulkan masalah akan mengancam keselamatan kita. Sehingga ketidakpuasan kita terhadap pemerintah tersalurkan melalui humor.

Dengan humor kita juga bisa mengkritik mayarakat kita sendiri kita bisa ketawa dan masyarakat kita bisa terkoreksi.

Ketawa bisa membuat kita sehat serta awet muda kata orang tua kita dulu. Itu terbukti secara klinis karena kalau kita ketawa maka akan aktif hormon serotinin dan endorfin akan aktif. Kedua hormon dikenal sebagai hormon kebahagian atau kesenangan dan akan berdampak kepada ke kesehatan dan sekaligus meningkatkan imunitas kita.

Salah satu ajaib nya humor bahwa berlaku hukum alam bahwa ketawa dan sedih tidak bisa di campur, terjadi bersamaan dimana kalau seseorang ketawa maka sedih akan minggir dengan sendirinya, sederhana kali bukan tapi itu kenyataanya. Jadi kalau anda ingin lari dari kesedihan ketawa lah

Kesimpulan Humor akan membuat kita ketawa dan ketawa akan membuat kita sehat secara jiwa maupun raga. Maka bila ada kesempatan ketawa karena humor , ketawa lah sebelum ketawa itu dilarang.

Wasalam

Oleh : Dr.Yulihasri.MBA
Maaf atas segala kekurangannya.

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.