Yuk Simak 8 Manfaat Hebat Bersepeda di Pagi Hari

0

EkspresNews.com – Olahraga ringan yang banyak disukai dan dilakukan pada pagi hari salah satunya adalah bersepeda. Dengan melakukan aktivitas ini, bukan hanya fisik yang mendapatkan manfaatnya, tapi juga Anda bisa menikmati pemandangan sekitar. Selain udaranya yang masih segar, bersepeda sekitar 30 menit di pagi hari juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa bagian tubuh yang bergerak secara konstan saat menggoes pedal sepeda mampu membakar kalori dan membuat kesehatanmu semakin terjaga.

Managing Director Pusat Spesialis Diabetes Dr Mohan dan Deepali Badoni, seorang Fisioterapis di Klinik AktivHealth membeberkan segudang manfaat bersepeda di pagi hari secara rutin. Berikut ini manfaat bersepeda yang perlu Anda ketahui, cekidot :

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh
    Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang cukup ringan. Dengan demikian bersepeda menjadi salah satu cara terbaik bagi kita untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan bersepada adalah sebuah gerakan mengayuh dan kalian dapat mengayuh sepeda dengan lebih lama dibandingkan dengan olahraga aerobik atau berjalan kaki dimana mungkin tubuh menjadi cepat lelah. Disamping itu bersepeda juga dapat memperkuat jantung dan paru-paru yang akan membuat anda dapat bekerja lebih efisiensi.
  2. Meningkatkan Mood
    Bersepeda santai dengan jangka waktu minimal 30 menit per hari dapat membatu kalian dalam meningkatkan mood. Hal ini dikarenakan dengan bersepeda bisa meningkatkan suasana hati dan pikiran sehingga rasa cemas, stres dan depresi bisa teratasi dengan baik. Selain itu bersepeda juga baik untuk kesehatan mental kita seperti halnya olahraga yang lain misalnya Joging.
  3. Membakar Lemak
    Nah bagi kalian yang kelebihan lemak, mungkin bersepeda bisa menjadi solusi untuk membakar lemak dengan cepat. Hal ini tentu dapat dilakukan setiap hari agar tidak terjadi penumpukan lemak yang terus menerus bertambah banyak.
    Dan dengan berolahraga mengayuh pedal sepeda dapat membakar lemak dan juga dapat memperkuat otot-otot tubuh terutama kaki. Dengan bersepeda di lintasan atau medan yang bergelombang dan menanjak atau pun yang lainya dapat melatih kekuatan kaki dan juga otot-otot kaki.
  4. Mencegah penyakit Jantung dan Bikin Awet Muda
    Studi yang dilakukan British Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50%. Tak hanya itu saja bersepeda juga dapat membantu anda dalam menghilangkan kerutan-kerutan akibat penuaan. Selain itu bersepeda juga dapat membuat seseorang menjadi 10 taun lebih muda . Jadi guys mulailah rutin untuk bersepeda agar jantung kita tetap sehat dan tentunya awet muda.
  5. Mencegah Obesitas
    Nah bagi kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan mungkin olahraga yang satu ini bisa kalian jadikan rutinitas sehari-hari untuk membentuk tubuh yang ideal. Pasalnya dengan melakukan gerakan-gerakan yang ringan lemak akan terbakar dengan cepat sehingga mencegah kalian dari kegemukan. Nah sobat jika kalian ingin badan yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit mulailah untuk olah raga ringan setiap hari agar aliran darah tetap lancar dan normal.
  6. Meningkatkan Kemampuan Otak
    Manfat bersepeda di pagi hari yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan otak. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti dari Universitas lllinois menemukan bahwa 5 persen peningkatan dalam latihan kebugaran namun dengan bersepeda dapat menyebabkan peningkatan hingga 15 persen dalam tes mental. Hal ini dikarenakan dengan bersepeda membantu membangun sel-sel otak baru pada bagian memori yang memburuk pada usia mulai 30 tahun.
  7. Mengurangi Stres
    Nah jika anda sering mengalami stress ringan, cobalah unutuk mulai melakukan oleh raga seperti bersepeda. Hal ini di karenakan ketika sedang bersepeda mata kita dapat menyaksikan berbagai macam pemandangan yang berbeda beda. Sehingga dapat melupakan apa yang sedang terjadi atau masalah yang sedang kalian hadapi. Bersepeda juga mampu membuat pikiran kita lebih enjoy dan lebih tenang karena dengan bersepeda juga mampu meningkatkan hormon positif pada tubuh kita.
  8. Mencegah Kanker
    Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menjalar keseluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang dapat berkembang dalam jangka waktu yang panjang. Jadi agar tubuh kita tidak mudah terjangkit penyakit kanker maka berolahragalah secara rutin dan juga teratur.
    Dengan demikian tubuh akan selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang pada awalnya merupakan bibit kanker dapat dicegah pertumbuhanya. Seperti halnya manfaat buah sirsak untuk mencegah penyakit kanker. (Berbagai Sumber)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.