Yayasan Karunia Insani Siap Bantu Para Pencandu dari Jeratan Narkotika

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Yayasan Karunia Insani merupakan satu satunya Lembaga yang bergerak dibidang rehabilitasi bagi para pecandu Narkotika di Sumatera Barat yang berkantor pusat di Bengkulu yang dikelola dengan aturan yang profesional, program rehabilitasi ini dikendalikan dengan terencana melalui bimbingan para Konselor yang bekerja sama dengan berbagai tenaga ahli (psikolog, psikiater, dokter dan ulama).

Untuk penyembuhan para pecandu dilakukan dengan beberapa metode yang bertujuan guna pembentukan karakter, perubahan prilaku, pola pikir dan gaya hidup orang orang yang direhab di tempat ini.

Adapun rencana perawatan yang dilakukan bagi para pecandu ini terdiri dari beberapa fase, yakni: fase pertama 0-7 hari fokus pada penilaian biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Fase kedua 8-30 hari difokuskan pada pengenalan progaram ( modalitas TC, CBT, Ml dan 12 langkah spiritual. Untuk fase ketiga mulai dari 31-90 hari difokuskan pada pola pikir dan pengendalian emosi, sedangkan untuk. Fase ke empat dihari yang ke 91-150 hari fokus pada prilaku, spiritual dan coping skill, sedangkan difase kelima yakni dari hari ke151-180 hari terfokus kepada sosial dan rencana jangka panjang.

Menurut ketua yayasan yang bernama Rillah mengatakan, Kami dari pihak yayasan siap untuk menjemput para pecandu yang ingin dirawat diyayasan ini, karena kita bertekad untuk membebaskan anak bangsa dari jeratan Narkotika yang saat ini sudah sangat meresahkan masyarakat, disini kami menyampaikan bahwa kenapa para pecandu harus dilakukan Rehabilitasi? Karena rehabilitasi Narkotika merupakan proses pemulihan yang dilakukan seseorang yang terjerat Napza dengan tujuan merobah prilaku dan pola pikir pengguna Narkotika menjadi lebih baik lagi.

Rehabilitasi merujuk pada UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan PP No 25 tahun 2011 tentang pelaksanaan wajib lapor pecandu Narkotika bahwa seluruh pengguna dan pecandu Narkotiba wajib untuk melakukan rehabilitasi, katanya.

Selanjutnya, “program yang dilaksanakan yayasan karunia insani cabang Sumatera Barat dalam penanganan dan penyalahgunaan Narkoba adalah TC (Therapeutic Comunity), 12 langkah dan NA (Narcotic Anonimous) dengan metode CBT (Cognitive Behavioural Therapy) dan MI (Motivational Interview) spiritual dan Religion, ujar Rillah.

“Disini kami bisa menampung sebanyak 30 orang yang ingin dilakukan rehabilitas yang mana alamat yayasan berada di Jl Gang Sehati RT/RW 003/002 No 54 Kelurahan Lubuk Begalung Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, dan untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi 081261924957 An Rillah dan 081274789029 An Bro Imran,” ujar Rillah.

(Da Bet)