Yulihasri Talk : Wisuda, Covid 19 dan Peluang Bisnis

0

Pada akhir-akhir Unand dan beberapa Penguruan Tinggi di Sumatera Barat bahkan Indonesia mewisuda ribuan para lulusanya.

Seleberasi tetap dilaksanakan walaupun ditengah badai Covid 19 ini dengan cara online. Seperti kita ketahui semua Covid 19 terus menganas dan tak tahu kapan berakhirnya dan ini membuat kita dihinggapi galau dan resah bagaimana anak-anak muda kita ini melanjutkan kehidupan mereka.

Pertanyaan besar muncul dibenak kita bagaimana nasib para lulusan itu untuk mendapatkan pekerjaan. Kondisi di perparah lagi dengan banyak yang sudah di PHK alias Pemutusan Hubungan Kerja dan juga dunia bisnis tertentu gulung tikar.

Untuk itu penulis memberikan pemikiran/ tips dalam tulisan sangat singkat ini.

Ada beberapa tip untuk menghadapi situasi ini sebagai berikutnya :

1.Bisnis Rumahan.
Bisnis dari rumah adalah suatu pilihan yang praktis yang bisa menghasilkan pendapatan. Cara pengiriman ke konsumen bisa memanfaatkan jasa Go Send. Produk yang di hasilkan usahakan kreatif yang dibutuhkan konsumen seperti food, barang harian dan kebutuhan pokok lainnya.

  1. Hilangkan rasa malu Jangan malu memulai usaha dari nol, merintis, bersusah payah. Kita bisa meniru perusahaan raksasa Pizza Hut merek sudah mendunia mau jualan ke pinggir jalan pada saat Covid ini.
  2. Cari mentor senior yang sudah pengalaman bisnis belajar dari mereka. Bisa saja pengalaman mereka akan menuntun bisnis baru kita.
  3. Lakukan hobi yang bisa menghasilkan pendapatan seperti memasak,
    berkebun, berternak dan sebagainya.
  4. Dan paling penting adalah siapkan mental kuat karena keadaan sekarang adalah badai, krisis adalah ujian yang harus kita hadapi siapa yang akan bertahan pada badai dia akan bertahan dan akan melenggang pada angin sepoi sepoi basah nantinya.

Ada pepatah bijak : Gelombang besar pada lautan dalam akan melahirkan pelaut ulung.

Wasalam

Yulihasri

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.