Wawako Asrul Luncurkan Aplikasi Simpel Milik Perumdam Tirta Serambi

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Wakil Wali Kota, Drs. Asrul meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan (Simpel) Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Serambi Kota Padang Panjang, Selasa (26/9).

Didampingi Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom dan Direktur Perumdam Tirta Serambi, Adrial A. Bakar, S.T launching aplikasi ini dilaksanakan di halaman Kantor Perumdam.

Sampel berasal dari gabungan database Aplikasi Geographic Information System (GIS) dan Smart Water Management System (SWMS) yang telah diolah karyawan Perumdam secara mandiri menjadi berbasis GIS (Sistem Informasi Geospasial).

Wawako Asrul dalam sambutannya mengapresiasi aplikasi Simpel ini. Ia meminta setelah di-launching segera sosialisasikan kepada seluruh stakeholder dan memanfaatkan aplikasi Simpel ini dengan sebaik-baiknya.

“Tujuan penggunaan aplikasi ini memudahkan pemantauan semua aspek operasional dan aspek layanan. Bisa meningkatkan kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan. Ini juga sebagai media informasi untuk pegawai dan pelanggan Perumdam yang dapat diakses dari semua peralatan yang terhubung ke internet,” ujarnya.

Sementara itu Adrial A. Bakar menyampaikan, pihaknya sebelumnya sudah mengembangkan berbagai aplikasi pendukung operasional, kemudian melanjutkan integrasi untuk semua aplikasi menjadi berbasis Informasi Geospasial (IG).

“Tujuannya agar seluruh data dapat tampil pada satu peta untuk memudahkan pemantauan serta pengendalian operasional dalam menunjang pelayanan pelanggan yang efektif, efisien dan ekonomis. Aplikasi ini bernama WebGIS Simpel Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Aplikasi Simpel ini dapat diakses melalui portal simpel.pdampadangpanjang.co.id. Ada tiga keunggulan dari inovasi Simpel, di antaranya kemudahan untuk dipantau pada satu layar peta berbasis spasial terkait semua aspek operasional dan aspek pelayanan pelanggan. Memudahkan dan dapat membantu meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan yang tepat pada lokasi yang akurat.

Database Simpel ini berisikan Data Sumber Air, Bangunan Pengolahan, Bak Penampung (reservoir), Sistem jaringan perpipaan yakni transmisi dan distribusi. Serta data atau lokasi pelanggan (sambungan langganan).

Lalu, sistem ini dapat dikontrol di ruangan khusus (Command Room) dan juga bisa diakses dari semua device yang terhubung dengan internet. Ini memanfaatkan basis data SWMS sebelumnya yakni sensor-sensor. Mulai dari CCTV meter produksi dan distribusi, tekanan aliran pada jaringan perpipaan, bak reservoir serta dan on off pompa produksi.

Pada kegiatan ini Perumdam Tirta Serambi juga memberikan tiga sambungan rumah gratis kepada pelanggannya. Ikut hadir Forkopimda, Kepala Cabang Bank Nagari Padang Panjang, OPD terkait, Imelda Anggraini, S.E, kepala Cabang Bank Nagari Syariah, Perumdam Solok dan lainnya. (Dian)