Waspada, Kanker Serviks Berakhir Dengan Kematian

0

EkspresNews.com – Sebanyak 500.000 kasus baru kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi didunia dalam setahun. Setengahnya, 250.000 kasus berakhir dengan kematian. Ini dikarenakan 70% penderita datang ke pusat layanan kesehatan dengan stadium lanjut (IIIB).

“Kalau sudah stadium lanjut, artinya sudah tidak bisa diapa-apakan secara medis. Tinggal menunggu waktu”, tutur dr. Efriza Naldi SPOG. Penuturan tersebut disampaikan dokter kandungan yang memiliki RSIA Sukma Bunda Payakumbuh itu,  sebagai narasumber dalam acara sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di aula lantai 3 Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik, pada Senin (25/7).

Kegiatan yang diprakarsai TP-PKK Payakumbuh bersama BPJS Kesehatan itu, dibuka Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi,  dihadapan 62 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu pengurus TP-PKK, Bhayangkari, dan Persit se-kota Payakumbuh.

Kepala BPJS Kota Payakumbuh Dahidin, SE, MM dalam sambutannya menguraikan, kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA dan Papsmear secara gratis. BPJS Cabang Payakumbuh yang mencakup kota Payakumbuh, kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar menargetkan 2.423 orang untuk pemeriksaan IVA dan 610 orang untuk pemeriksaan papsmear. Pemeriksaan sudah bisa dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 29 Juli 2016 di Puskesmas Lampasi, Puskesmas Ibuh, Klinik Densthetica, dan Klinik Benteng.

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Ny. Henny berharap kegiatan ini dapat memotivasi ibu-ibu di kota Payakumbuh untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya preventif kanker serviks. “Pemeriksaan IVA dan Papsmear ini adalah upaya preventif  kanker serviks. Saya harap ibu-ibu yang hadir pada acara ini dapat menjadi yang pertama yang mengikuti IVA test dan mengajak ibu-ibu lainnya yang di dekat rumah”, harap Henny.

Lebih lanjut Henny mengatakan, bagi ibu-ibu yang mampu mengajak 10 orang ibu lainnya untuk mengikuti tes IVA, akan mendapatkan penghargaan berupa piagam dari TP-PKK kota Payakumbuh dan souvenir dari BPJS Kesehatan Kota Payakumbuh. “Kegiatan ini  tak lain adalah untuk kebaikan kita. Kalau sudah sakit biayanya sangat mahal. Jangan sampai Sadikin, Sakit Jadi Miskin. Mari kita sukseskan kegiatan ini bersama untuk kebaikan kita semua”, tutup Henny.

(Arief Wisa)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.