Warung Sembako Murah Diapresiasi Perwakilan BI Sumbar

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Eksistensi warung pengendali inflasi (Warung Sembako Murah) Kota Padang Panjang diapresiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar. Hal tersebut disampaikan Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Putra Dewangga, S.S, M.Si kepada Kominfo, Jumat (12/5).

Dijelaskan Putra, pujian dari BI Sumbar ini menjadi nilai plus bagi Padang Panjang karena terus bergerak untuk menurunkan angka inflasi.

Warung itu tidak hanya beroperasi selama Ramadan dan Lebaran saja, namun di luar momen itu juga beroperasi.

“Sekretariat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Padang Panjang pada Rabu (10/5) lalu melakukan monitoring rutin pelaksanaan aksi pengendalian inflasi oleh OPD terkait khususnya di Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM),” katanya.

Disperdakop UKM termasuk salah satu OPD kunci dalam pengendalian inflasi di Kota Padang Panjang. Beberapa hal yang dilaksanakan dinas tersebut di antaranya  adalah  pemantauan lapangan harga barang pokok dan penting (bapokting), pemantauan persediaan bahan pangan di Pasar Pusat, bazar/pasar murah (Gerakan Koperasi Berbagi), termasuk menggagas pendirian Warung Sembako Murah melalui Koperasi Serambi Mekkah yang bekerja sama dengan Bulog Cabang Bukittinggi.

Terkait Warung Sembako Murah, kata Putra, sengaja dirancang sebagai Warung Pengendali Inflasi di Kota Padang Panjang. Ini sangat membantu saat Ramadan dan Idulfitri ketika kebutuhan masyarakat meningkat.

“Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan salah satu instrumen pengendalian inflasi,” sebut Putra.

Pada saat pemantauan, Kadis Perdagkop UKM, Jevie C. Eka Putra, M.T menyampaikan, setelah berhasil berkontribusi dalam pengendalian harga selama Ramadan dan Idulfitri, keberadaan Warung Sembako Murah ini tetap diteruskan. Mengingat masih terdapat masyarakat yang membutuhkan pangan dengan harga yang relatif lebih murah.

“Komoditi yang disediakan adalah beras medium dan premium, minyak goreng kemasan, gula pasir ditambah dengan daging sapi beku Bulog,” sebutnya.

Lokasi warung ini berada di halaman Kantor Disperdakop UMKM, di Jalan Sutan Syahrir No 124 yang beroperasi setiap hari kerja mulai pukul 09.00 s/d 16.00 WIB. (Dian)