Wamen BUMN Targetkan PKPU Garuda Indonesia Berakhir di Pertengahan 2022

Editors choice
0

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menargetkan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Sementara PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, selesai dalam waktu 180 hari. Di mana target itu lebih singkat dari waktu yang ditetapkan Pengadilan Niaga, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yakni 270 hari.

Dia optimis pada pertengah tahun 2022, proses PKPU berakhir dengan homogolasi atau kesepakatan perdamaian antara Garuda dengan PT Mitra Buana Koorporindo (MBK) selaku kreditur. “Harus (PKPU selesai 2022) karena kan kalau PKPU maksimum 270 hari, kita akan dorong, bahkan kalau bisa kita selesaikan 180 hari sampai tengah tahun,” ujar Kartika saat ditemui di kawasan IFG, Rabu (22/12/2021).

Perdamaian antara Garuda Indonesia dengan krediturnya, kata dia, menjadi bagian dari sikap kolaboratif BUMN dengan swasta. “Kami kan ditugaskan di sana supaya, justru membuka suatu ekosistem kolaboratif antara Kementerian BUMN dengan swasta karena BUMN ingin menjadi ekosistem terbuka,” ungkap dia.

Saat rapat kreditur pertama ihwal PKPU sementara di Pengadilan Niaga, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyebut pihaknya proaktif membuka diskusi dengan para kreditur demi menyukseskan restrukturisasi utang perusahaan. Menururnya, situasi yang sedang dihadapi saat ini, Garuda Indonesia konsisten terus mengedepankan komitmennya untuk menjalankan prinsip transparansi dan good faith sehingga harapannya proses PKPU dapat berlangsung secara optimal, efisien, dan adil bagi seluruh pihak.

“Kami sangat terbuka untuk bernegosiasi dan berdialog secara damai dan berbasis goodwill dengan para kreditur dan lessor,” tutur dia.

Setelah rapat perdana, kreditur diberikan kesempatan untuk mengajukan tagihan paling lambat 5 Januari 2021, lalu akan diverifikasi dan dicocokkan pada rapat kreditur kedua di pertengahan Januari 2022. Di lain siai, selama proses PKPU berlangsung, Garuda Indonesia memastikan layanan operasional penerbangan baik untuk penumpang maupun kargo tetap tersedia secara optimal.

“Kepercayaan pelanggan setia Garuda menjadi semangat kami untuk terus memberikan yang terbaik, melalui layanan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat pelanggan Garuda,” tambah Irfan. Dia pun berterima kasih atas seluruh dukungan maupun perhatian stakeholder terhadap keberlangsungan usaha Garuda hingga saat. Irfan memandang proses PKPU akan menjadi titik balik dari upaya pemulihan kinerja Garuda Indonesia, dimana, melalui proses PKPU yang tengah jalani. (Red)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.