Walikota Fadly Amran Sampaikan Nota Keuangan Terhadap Ranperda Tentang Perubahan APBD Kota Padang Panjang TA. 2020

0

EkspresNews.com – Walikota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyampaikan Nota Keuangan terhadap Ranperda tentang perubahan APBD Kota Padang Panjang tahun anggaran 2020, pada Rapat Paripurana, Selasa,(22/9) di Gedung DPRD Kota Padang Panjang.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md dan dihadiri oleh Forkopimda, Sejumlah Pejabat Pemko Padang Panjang serta undangan lainnya.

Adapun pada Bab II, Nota Keuangan Terhadap Ranperda Tentang Perubahan APBD Kota Padang Panjang TA. 2020, antaralain dijelaskan Walikota Fadly Amran, adanya Penurunan pendapatan yang juga terjadi pada pendapatan asli daerah akibat pandemi covid-19.

Namun ditengah permasalahan pendapatan daerah ini, ternyata Kota Padang Panjang mendapatkan alokasi Dana Insentif Daerah Tambahan yang penggunaannya diprioritaskan untuk mendorong pemulihan ekonomi di daerah serta penanganan Covid-19 bidang kesehatan dan bantuan sosial.

“Perubahan dari pendapatan daerah ini tentunya perlu disesuaikan dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2020,” Ungkap Wako.

Sementara itu, dalam Nota tersebut turut disampaikan terkait kebijakan umum Pendapatan Daerah dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Antaralain, melakukan kerjasama dengan pihak perbankan serta perusahaan startUp dalam optimalisasi Penerimaan Pajak, dan Retribusi Daerah serta optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang layanan pajak dan retribusi. Lalu, meningkatkan pengawasan terhadap kepatuhan wajib pajak setelah berakhirnya pemberian relaksasi pajak daerah.

Kemudian, meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dengan menetapkan standar prosedur pelayanan sehingga masyarakat memiliki kepastian atas layanan yang diterima.

Serta, Melakukan Pemutakhiran data objek pajak dan wajib pajak daerah melalui pemantauan ke lapangan secara berkala dengan updating peta melalui pemetaan digital dan dokumen lain bagi objek pajak baru serta menerbitkan NPWPD bagi wajib pajak baru yang ditetapkan.

Walikota Fadly Amran berharap, dengan waktu yang tersisa sampai akhir tahun 2020 Rancangan Perubahan APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2020 dapat dibahas dengan baik dalam rangkaian sidang DPRD.

“Mudah-mudahan proses pembahasan tersebut berjalan lancar dalam suasana kebersamaan dan kemitraan sebagai wujud dari keterpaduan unsur Pemerintahan Daerah sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Pungkasnya.

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.