Waktu Terbaik Menyirami Tanaman Bawang Merah Dipagi Dan Sore Hari

0

Pati – Anggota satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 111 Kodim 0718/Pati, Serda Bari selepas istirahat seharian bekerja disore harinya memanfaatkan waktu dengan membantu warga yang sedang menyirami tanaman bawang merah. Sumirah (51) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari yang menekuni dibidang pertanian menanam bawang merah, Sabtu (10/07/2021).

Saat ini Sumirah sedang mengairi bedeng yang telah ditanami bawang merah, ia menjelaskan jika setelah ditanam bawang merah supaya rutin disiram setiap pagi dan sore hari. Agar menghindari bawang gagal tumbuh dan tidak layu.

“Alhamdulillah saya dibantu pak TNI menyiapkan pengairan lahan, karena air yang saya dapat dari tanah yang dibuat sumur bor kemudian air disedot dengan mesin diesel. Kalo mengangkat sendiri mesin ini kesulitan untungnya ada bapak TNI, karena suami saya yang biasa menyiram sedang tidak enak badan istirahat dirumah,” ungkapnya

Ia juga menambahkan agar dalam pemberian pupuk sesuai takaran saja, bila terlalu berlebih akan mati namun bila terlalu sedikit akan tumbuh lambat. Pemberian pupuk sesuai takaran akan menghasilkan bawang berlimpah saat panen.

Sementara itu Serda Bari mengatakan, jika ia memanfaatkan waktu istirahat untuk membantu warga yang sedang beraktivitas dalam pekerjaannya. “Sambil menjalin keakraban dengan warga juga saya sambil belajar cara budidaya bawang merah serta membuat bedengan yang baik dan benar sebagai penambah pengetahuan,” ujarnya.

Comments

comments

About author