Wako Fadly Amran Berharap PPKM Level 1 Terus Bertahan Saat MTQ

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano berharap, capaian PPKM Level 1 di Kota Padang Panjang terus bertahan sampai pelaksanaan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 12-19 November Ini.

“Sekitar 2.000 orang akan menginap di Kota Padang Panjang. Kepada panitia, satu hal yang bisa kita maksimalkan, pengunaan aplikasi pedulilindungi dalam pelaksanaan MTQ nanti,” katanya saat memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM Level 1, Selasa (26/10), di Hall Lantai III Balai Kota.

Ditambahkannya, selain MTQ akan ada beberapa agenda besar lainnya di Kota Padang Panjang. “Seperti Kejurda Badminton se-Sumbar, sampai tahun baru nanti, kewaspadaan patut menjadi perhatian kita bersama,” ucapnya.

Dalam rapat yang dihadiri Forkopimda serta seluruh OPD di lingkungan Pemko ini, Wako Fadly menyebutkan pencapaian PPKM Level 1 patut disyukuri. Namun, harus tetap waspada dan hati-hati, karena risiko peningkatan kasus Covid-19 bisa saja terjadi.

“Perlu digarisbawahi kenaikan kasus Covid-19 sekecil apapun, akan mengakibatkan adanya klaster. Jadi jangan pernah lengah, walaupun kasus aktif relatif kecil satu atau dua kasus,” tambahnya.

Fadly mengapresiasi semua pihak atas waktu, tenaga dan pikiran dalam menggencarkan vaksinasi di Kota Padang Panjang. Saat ini capaian vaksinasi per 24 Oktober 2021 dengan total sasaran keseluruhan 44.065 orang, vaksinasi untuk dosis pertama 30.313 atau 68,79 %. Untuk dosis kedua sebanyak 18.622 atau 42,26 %. Sementara dosis 3 sebanyak 411 atau 0,93 %.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota, Drs. Asrul. Ia mengharapkan kewaspadaan semua pihak walaupun saat ini. “Jangan sampai lengah. Tetap lakukan pengawasan seketat mungkin agar penyebaran Covid-19 ini bisa tetap nihil,” tuturnya.

Sementara Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md juga menyampaikan apresiasi atas capaian vaksinasi di Padang Panjang saat ini. “Ini merupakan berkat kolaborasi semua pihak. Walaupun capaian vaksinasi sudah terbaik di Sumatera Barat, namun kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” sampainya.

Sedangkan Kapolres, AKBP. Novianto Taryono, SH, SIK, MH, menyebutkan, pertumbuhan kenaikan vaksinasi dua persen dalam empat hari. Artinya 60 hari ke depan bisa stabil di 100 persen, selama vaksinasi terus dilakukan.

“Berkat dorongan Dinkes Padang Panjang dan Tanah Datar, Kodim, serta semua pihak, kami menetapkan target 1.200 orang per hari di wilayah hukum Polres Padang Panjang dalam vaksinasi ini,” ungkapnya.

“Kedepan akan dibuat even vaksinasi serentak se-Sumatera Barat. Mohon dukungan kita semua untuk mendorong masyarakat untuk datang,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Drs Nuryanuwar, Apt, M.Kes, MM menyebutkan, selain capaian vaksinasi, untuk mempertahankan PPKM Level 1 ini ada indikator lainnya. Di antaranya, kurang 20 kasus Covid-19 per 100.000 penduduk, maksimal lima kasus yang dirawat di rumah sakit per 100.000 penduduk dan maksimal satu kasus meninggal per 100.000 penduduk. (Dian)