Wako Fadly Amran Berharap IWAPI Mampu Dorong Usaha Mikro Kecil Naik Kelas

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Padang Panjang periode 2023-2028 resmi dilantik dan dikukuhkan. Diketuai Rita Deswira, SP.d, pengurus IWAPI Kota Serambi Mekkah ini dilantik Ketua IWAPI Sumatera Barat (Sumbar) Etty Nurhayati dan dikukuhkan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano selaku pembina, Selasa (8/8) di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota.

Wako Fadly mengapresiasi terbentuknya kepengurusan baru IWAPI tersebut. Dirinya berharap IWAPI bisa berperan mengangkat level usaha mikro kecil. “Sebanyak 80% skala bisnis di Kota Padang Panjang masuk dalam kategori mikro, kecil. Ini perlu dibedah kriterianya. IWAPI hendaknya bisa menargetkan agar usaha mikro ini bisa naik kelas,” ujar Fadly.

Ia meminta IWAPI bisa memfasilitasi usaha mikro kecil yang dikelola kaum perempuan mendaftarkan usahanya. Mereka yang dinilai mampu berkembang dengan baik (champion) diberikan  kesempatan meningkatkan usaha lewat berbagai pelatihan dan menjembatani permodalan usaha dengan berbagai pihak.

Di samping itu, Fadly mengimbau anggota IWAPI tidak terikat dengan praktik rentenir dalam permodalan usahanya. “Riba itu mengikat, rentenir adalah hal instan dan sebuah kecerobohan. Lebih baik pilih permodalan melalui koperasi syariah maupun bank yang berpola syariah. IWAPI bisa melakukan pelatihan di bidang permodalan,” sebutnya.

IWAPI sebagai organisasi, lanjut Fadly, memiliki tanggungg jawab menjalankan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART).  “Organsiasi  berbeda dengan komunitas.  Langkah yang dilakukan disusun dan diatur lewat AD/ART. Junjung tinggi AD/ART. Lahirkan program,”  katanya.

Sementara itu, Rita Deswira mengatakan, dirinya akan berkomitmen memberikan yang terbaik. Dia akan menampung aspirasi, ide dan inovasi demi perkembangan bersama serta bersikap transparan. “Mari jalani semangat kebersamaan dan gotong royong,” tuturnya.

Adapun Etty Nurhayati menyampaikan rasa syukur atas terbentuknya kepengurusan IWAPI Kota Padang Panjang. Harapannya, IWAPI bisa bekerja dan bersinergi dengan Pemko. Sebaliknya,  Pemko bisa melibatkan IWAPI di berbagai kegiatan ekonomi.

Turut hadir, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) Javie Carter Eka Putra, M.T, dan sejumlah pengurus IWAPI dari berbagai daerah di Sumbar. (Dian)