Wakil Gubernur Taj Yasin Resmikan Masjid At Taqwa Bertepatan HUT Ke-44 SMA Negeri 4 Semarang

1

SEMARANG, EKSPRESNEWS.COM – Setelah memakan waktu tiga tahun sejak mulai dibangun pada 14 desember 2018, akhirnya proses pembangunan Masjid At Taqwa SMA Negeri 4 Semarang pun selesai pada Desember 2021 . Masjid kebanggaan Keluarga Besar SMA Negeri 4 Semarang tersebut, diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maemun, Jumat (14/1/2022) bertepatan Hari Ulang Tahun Ke-44 SMA Negeri 4 Semarang.

Masjid yang memiliki dua lantai berdiri diatas tanah seluas 576 m2 berlokasi dijalan Karangrejo raya 12A, Srondol Wetan,Kec Banyumanik, Semarang dapat menampung kurang lebih 660 jamaah.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd melaporkan bahwa ambalwarsa atau Hari Ulang Tahun ke 44 SMA Negeri 4 Semarang tepatnya 16 januari 2022, namun berkaitan peresmian Masjid At Taqwa kita jatuhkan pada 14 januari 2022 dengan harapan bisa digunakan untuk sholat jumat.

Menurutnya kegiatan ambalwarsa diawali dengan kegiatan sejuta pohon,disamping itu juga kegiatan webinar Anti Bullying untuk sekolah ramah anak, selain itu kita adakan donor darah dan lomba lomba untuk para siswa diantaranya implementasi dari gerakan literasi sekolah dengan membuat mading serta kegiatan yang lainnya,” ucap Eny.

Lebih lanjut Eny mengungkapkan bahwa awalnya SMA Negeri 4 sebelum berdirinya Masjid memiliki mushola kecil dan kurang representatif jika digunakan untuk sholat jumat. Oleh karenanya sholat jumat dilaksanakan di Aula.

“Kami terdorong untuk melayani peserta didik dengan baik. Untuk itu kami mempunyai mimpi untuk membangun masjid. Alhamdulillah berkat dorongan dari berbagai pihak serta motivasi baik dari guru, komite, alumni serta stakeholder semua menyambut gembira dengan mimpi kami untuk melayani peserta didik,” tegas Eny.

Menurutnya ibadah merupakan pondasi untuk.penguatan pendidikan karakter dan Alhamdulillah pada 14 desember 2018 peletakan batu pertama diawali dengan menabung akhirnya mimpi kami terwujud berdiri sebuah masjid dua lantai yang dapat menampung sekitar 660 jamaah untuk sholat jumat dengan kondisi normal.

Eny menambahkan At Taqwa mengambil kata dari visi SMA Negeri 4 Semarang dan harapan kami dengan diresmikannya Masjid At Taqwa, semoga masjid ini nanti bisa digunakan sebagai pusat kegiatan keislaman dan juga seluruh warga sekolah memiliki kemampuan untuk memakmurkan masjid serta meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah khususnya bagi para peserta didik agar menjadi generasi generasi penerus bangsa berkarakter,” tutupnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa TengahTaj Yasin Maemun mengucapkan selamat ulang tahun SMAN 4 Semarang yang ke-44 semoga diusia yang sudah matang apa yang sudah dicapai baik dari pendidikan kepada anak didiknya maupun apa yang dicapai untuk mengharumkan sekolah ini betul betul bisa meningkatkan kualitas mutu yang ada di SMA Negeri 4 Semarang,” ucapnya.

Lebih lanjut Taj Yasin mengatakan yang menarik saya pada peresmikan Masjid At Taqwa SMA Negeri 4 ini bahwa di usia yang ke – 44 di sekolah negeri yang nomornya 4 ditanggal 14 yang artinya dari angka tersebut menurutnya di tanggal 14, satu ditambah empat adalah lima yang artinya 1 jari tangan kita karena dari empat jari tangan kita kalau dipadupadankan dengan negara kita cocok, bermuara satu yaitu ibu jari,” papar Taj Yasin.

Usai sambutan dilanjutkan dengan pemotongan pita bunga melati serta penandatanganan prasasti Masjid At Taqwa oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemun serta Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd.

Pada kesempatan sama Kacabdin Wil 1 Disdikbud Prov Jateng, Sunarto M.Pd mengungkapkan pada hari ini kita mendapatkan anugrah besar serta karunia yang luar biasa berupa momen sekaligus sejarah besar dengan diresmikannya Masjid At Taqwa oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin.

Kami mengucapkan terima kasih pada keluarga besar SMAN 4 Semarang yang telah menginisiasi kegiatan ini dan menjadikan masjid bisa menjadi tempat untuk pembinaan karakter dan profil pelajar pancasila, dan saya yakin akan semakin makmur, ” papar Sunarto.

“Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah memberikan.perhstian setinggi tingginya sehingga mimpi indah SMAN 4 untuk.memiliki masjid besar dikabilkan Allah SWT. Dengan bertambahnya fasilitas ini swmakin baik dan prestasi semakin bertambah subur,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini diisi dengan tausyiyah yang disampaikan oleh Ustad.H.Fauzi Arkhan. Turut hadir pada kegiatan ini Kakanwil Kemenag Kota Semarang,H.Mukhlas Abdilah,S.Ag.MH , Plt Kadisdikbud Prov Jateng, Ir.Yuni Astuti,MA, Kacabdindik Wilayah 1 Disdikbud Prov Jateng, Sunarto,M.Pd, Ketua Dewan Masjid Prov Jateng, Aksan Fauzi,S.Sos.I, Pengawas PAI Kota Semarang,Drs.H.Sadi.M.Si, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 sampai dengan SMA Negeri 16 se-Kota Semarang serta Kepala Sekolah SD,SMP dan SMA sekitar Sekolah, Ketua Alumni Ika SMAPA, Ketua Komite SMAN 4, Kapolsek Banyumanik,Kompol.Benny Hartono,Danramil 05 Banyumanik Semarang, Lurah Srondol Wetan serta Camat Banyumanik Semarang.

(Taufiq)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.