Vaksinasi Covid-19 di Dharmasraya Resmi Dimulai

Ekspresnews.com – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menjadi kepala daerah pertama di Sumatera Barat yang menerima vaksin Covid-19. Bersama Forkopimda, Bupati Sutan Riska menjadi orang pertama yang disuntik vaksin, dalam pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya, yang dilaksanakan di Aula Lantai II Gedung Baru RSUD Sungai Dareh, Senin (01/02/21). Hal ini sekaligus menjadi tanda dimulainya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya.


Kata bupati, Kabupaten Dharmasraya merupakan sasaran vaksinasi tahap pertama termen ke II. Dan pencanangan vaksin Covid-19 ini diawali untuk 10 pejabat publik, baru kemudian dilanjutkan untuk tenaga kesehatan.


“Ada sekitar 1500 target sasaran vaksinasi pada tahap awal ini, yang terdiri dari 10 pejabat publik dan tenaga kesehatan. Usai pencanangan, 3.000 dosis vaksin yang telah disediakan akan segera didistribusikan ke 14 puskesmas dan 2 RSUD di Kabupaten Dharmasraya,” ujar bupati.


Bupati juga menyampaikan, zonasi Kabupaten Dharmasraya untuk minggu ini meningkat lebih baik dari minggu lalu, yaitu dari zona orange ke zona kuning. Hal ini, imenurut bupati, tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak dalam mendukung pemerintah daerah. Untuk itu, imbuhnya, penerapan 3T harus terus ditingkakan, yaitu testing, tracking dan treatmen yang sudah menjadi program nasional dalam mencegah dan menangani kasus Covid-19.


“Kepada seluruh warga Kabupaten Dharmasraya, kami juga menghimbau, ketika vaksin ini sudah sampai di tingkat masyarakat, saya mohon semuanya berpartisipasi demi kesehatan kita bersama. Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus Covid,” tandasnya.