Usulkan Dibukanya Penerimaan CPNS, Walikota Padang Temui MenPAN-RB

26850671_1848491031827715_3854375094871308480_oEkpresNews.com – Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyambangi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Asman Abnur di Kantor Kementrian PAN-RB, Jakarta, Kamis (18/1/2018). Hal ini merupakan langkah ‘jemput bola’ yang dilakukan walikota, terkait untuk menyampaikan usulan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) khususnya untuk di lingkungan Pemerintah Kota Padang di tahun ini.

Dalam audensi tersebut Mahyeldi menyampaikan beberapa hal kepada Menteri Asman Abnur. Diantaranya terkait masih ditetapkannya moratorium pegawai untuk daerah, mengingat di 2018 cukup banyaknya jumlah PNS yang memasuki usia pensiun terutama tenaga pengajar. Sehingga kekurangan PNS di Pemko Padang diperkirakan mencapai lebih kurang 6000 orang.

“Kita berharap, semoga akan dibukanya pembukaan penerimaan CPNS untuk kabupaten/kota di tahun ini. Jika pun ada, semoga sesuai dengan jumlah formasi yang kita butuhkan di Pemko Padang,” sebutnya didampingi Sekda Asnel, Kepala BKPSDM Habibul Fuadi dalam kesempatan itu.

Sementara itu, MenPAN-RB Asman Abnur menanggapi usulan tersebut menyampaikan, terkait pengadaan CPNS dalam hal ini untuk pemerintah kota/kabupaten memang mengacu kepada beberapa hal. Mulai dari neraca keuangan daerah, hasil analisis jabatan dan analis beban kerja dan peta jabatan. Selanjutnya kuota CPNS akan diumumkan setelah KemenPAN-RB melakukan verifikasi atas usulan CPNS yang dibutuhkan di setiap instansi.
“Jadi, untuk menata kebutuhan CPNS diharapkan masing-masing instansi melakukan audit organisasi oleh lembaga independen. Sehingga dapat diketahui kebutuhan organisasi mengacu kepada program kepala daerah,” tukasnya. (Humas/Agw)