UNP Lahirkan Profesor Lingkungan Pertama di Sumbar

1

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) kembali melahirkan seorang guru besar baru dan sekaligus merupakan guru besar Ilmu Lingkungan pertama di Sumatera Barat (Sumbar), hal ini ditandai dengan disetujuinya Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan Fungsional Dr. Indang Dewata, M.Si menjadi Profesor di bidang Ilmu Lingkungan oleh Presiden RI, Rabu/ 27 Oktober 2021.

Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNP yang sudah malang- melintang dalam dunia birokrasi di Pemko Padang ini, baik sebagai Kepala Bapedalda (dua periode) dan juga sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Dalam Curicculum Vitae-nya Dr. Indang Dewata, M.Si, pertama menjadi PNS adalah sebagai dosen di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Jambi (UNJA) dan pindah menjadi Dosen UNP mulai tahun 1997. Terakhir beliau adalah Koordinator Prodi S2 Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D ketika dimintai pandangannya terkait hasil ini, mengatakan “ bertambahnya Guru Besar di UNP, akan memperkuat SDM kita, apalagi dalam transisi dari PTN-BLU ke PTN BH, dan tentunya kita ucapkan selamat pada Pak Indang, smoga dengan capaian akademik tertinggi bisa meningkatkan kinerjanya dan juga menambah semangat atau memotivasi calon-calon guru besar lainnya dan UNP juga akan menyiapakan prosesi pengukuhannya”, kata Rektor di sela-sela proses menjelang keberangkatan untuk pertemuan Forum Rektor PPTKN ke Medan, Jumat/ 29 Oktober 2021.

Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si, lahir di Nagari Canduang Koto Laweh Kabupaten Agam, 18 November 1965. Alumni SMA IV Angkat Candung, Beliau Lulusan S1 Kimia Unand Padang (1984), Meraih gelar Magister Ilmu Lingkungan di UI Jakarta (1992), kemudian Doktor Ilmu Lingkungan juga diperoleh di UI Jakarta (2009). Banyak sudah prestasi dan dedikasi dalam bidang lingkungan yang telah diabdikan oleh Ketua Pusat Penelitian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PPKLH) UNP, diantaranya Bintang Dharma Karya Kencana (DKK) oleh BKKBN RI tahun 2019 dan membawa UNP di Rangking 42 Kampus Hijau dalam UIGreenMetrik tahun 2020.

“Pertama saya mengucapkan rasa syukur pada yang maha kuasa, dan terimakasih pada kedua orang tua, keluarga tercinta, para guru saya sejawat dan semua pihak yang telah terlibat dalam membantu saya, baik secara langsung, maupun tidak langsung. Tanpa dukungan dari berbagai pihak, saya tak akan mampu meraih hasil ini”, kata Profesor baru yang juga suami dari dr. Gustin S Indang Sp.A yang berdinas di RSUD Solok ini.

Selain itu, banyak ucapan-ucapan selamat dan sekaligus doa yang disampaikan melalui media sosial atas keberhasilan ini. Atas semua itu Prof. Indang Dewata mengucapkan “terimakasih dan mengamini doa-doa para rekan sejawat”, tegas profesor yang saat ini sibuk mengurus beberapa lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus (BIMA) yang didirikannya. (Hms)

Editor : Abdi

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.