Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat Terima Mahasiswa Baru TA 2021/2022

0

Padang, EkspresNews.com – Sosialisasi dan promosi gencar lakukan dilakukan oleh Tim Penerimaan Mahasiswa Baru kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumbar dimulai sejak 17 Februari hingga 4 September 2021. Tim Sosisalisasi dan promosi yang langsung di promotori oleh Firdaus, SS, M. Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan dan juga para dosen Universitas Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru diketuai oleh Ary Limay Trisno Putra, S.Pd, M.Pd dan di dampingi Dertha Mukhtar, S.Pd.I, M.Pd dan Fadli Setiawan, SE.I, MM serta beberapa mahasiwa yang juga ikut ke dalam tim.

Giat Sosialisasi Kampus yang dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ini dimulai dengan turun langsung ke lapangan. Berbagai strategi dilakukan tim dalam sosialisai dan promosi ini, seperti menyebar brosur, memasang pamflet, menyebarkan spanduk serta melakukan promosi ke tengah-tengah masyarakat yang ada di kelurahan, desa dan kenagarian. Agar segala informasi dapat langsung diketahui oleh seluruh masyarakat, bahwa Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat hadir dan berperan aktif dalam kemajuan pendidikan di Provinsi Sumatera Barat khususnya dan di indonesia umumnya.

Tim melakukan pemetaan sekolah-sekolah yang tersebar di 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat. sehingga promosi kampus bisa tersebar secara merata. Prioritas lokasi yang dituju adalah sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Pesantren baik negeri maupun swasta yang menjadi lokasi pamungkas untuk mendapatkan calon mahasiswa. “Kami fokus pada ilmu agama dan umum. Mahasiswa UNU tidak hanya dibekali keilmuan intelektualitasnya saja, tapi juga akhlak dan moral. Itulah semangat yang selalu ditanamkan,” terang Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan UNU Sumbar, Firdaus SS. M. Si, Kamis (06/05) di Padang.

Lebih jauh Firdaus menjelaskan bahwa UNU Sumatera Barat ddirikan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU). Sebagai perpanjangan tangan Badan Perkumpulan NU itu maka dibentuklah  Badan Penyelenggara Pengelola (BPP) UNU Sumatera Barat, yang berfungsi sebagai penyelenggara dan pengelola UNU di Sumatera Barat.

UNU Sumatera Barat mendapatkan izin operasionalnya Pada tanggal 17 Oktober 2014, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 560/E/O/2014 Tentang Izin Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama di singkat UNU Sumbar.

Menurut Diktum kedua dari Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat dapat menyelenggarakan 10 (sepuluh) Program Studi setingkat Sarjana (S1), sebagai berikut :
Program Studi Agrobisnis.
Program Studi Teknik Informatika.
Program Studi Sistem Informasi.
Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan.
Program Studi Budi Daya Perairan.
Program Studi Teknik Lingkungan.
Program Studi Ekonomi Islam.
Program Studi Ilmu Hukum.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
 
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menegaskan bahwa UNU Sumbar sebagai institusi pembelajaran dimaksudkan untuk berkontribusi kepada masyarakat untuk menyumbang kepada peradaban bangsa dan dunia melalui proses pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi dan iman (spiritualitas). Hal ini berarti UNU sumbar menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang bersifat holistik dan berorientasi masa depan, sehingga dapat mengatasi aneka persoalan dan mengantisipasi perkembangan zaman yang semakin komplek. UNU walapun pendatang baru, bukan berarti yang terbelakang dalam prestasi. Pendatang baru juga mempunyai kesempatan untuk memberikan warna dalam kompetisi. terangnya
 
“Banyak informasi tentang perkuliahan yang diberikan kepada siswa, guru dan masyarakat yang menjadi tempat promosi  berlangsung, yaitu dengan adanya kemudahan dalam melaksanakan Studi perkuliaan dengan bisa mengikuti program beasiswa yang disediakan diantaranya : Beasiswa KIP Kuliah yang diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang kurang beruntung dalam perekonomian keluarganya, Beasiswa BAZNAS yang juga ikut menunjang keberlangsungan kuliah. Dan banyak beasiswa lainnya yang akan tersedia,” ujar Firdaus.

Terakhir dijelaskannya, untuk mendaftar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNU Tahun Akademik 2021/2022. Selain dari jalur reguler, dalam masa pandemi ini UNU Sumbar juga membuka pendaftaran secara online dengan mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran pada link http://bit.ly/FormulirPendaftaranUNU2021
Berikutnya mengunggah semua berkas yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran di http://bit.ly/PMBUNUSUMBAR2021.

Disaamping itu UNU Sumbar juga membuka peluang penerimaan mahasiswa lewat Jalur KIP Kuliah (beasiswa uang kuliah gratis sampai tamat dan uang saku 4,2 juta per semester).

Cara mendaftarnya dengan membuat akun di Website Beasiswa KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (isi data diri dengan lengkap dan pada bagian data seleksi ditinggalkan dahulu). Setelah itu, serahkan nomor pendaftaran dan kode akses ke panitia PMB PTS yang dituju.

Setelah mengisi formulir secara online, anda bisa menghubungi panitia PMB untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi
Panitia PMB UNU Sumbar TA 2021/2022
Ari Limay Trisno Putra di nomor berikut; (WA) 082384834862
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUMATERA BARAT
Jl. S. Parman, No. 119 A Ulak Karang Kota Padang Sumatera Barat
Website: www.unusumbar.ac.id.

(Adv)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.