Tips Aman Berkendara Saat Mudik

Tips Aman Berkendara Saat Mudik.

PADANG, EKSPRESNEWS. COM – Mudik merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perantau untuk kembali ke kampung halaman, mudik biasanya dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Biasanya orang orang yang akan melakukan mudik akan memilih transportasi untuk kembali ke kampung halamannya.

Ada yang mudik dengan naik bus, pesawat, dan juga dengan kendaraan pribadi.

Apapun transportasinya kita harus mempersiapkan semuanya dengan matang apa lagi yang mudik mengunakan kendaraan pribadi, harus mencek kendaraan sebelum berangkat atas selama di perjalanan keluarga aman dan sampai ke tujuan dengan selamat.

Berikut tips aman berkendaraan saat mudik

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup memberikan stamina yang dibutuhkan selama perjalanan, sehingga pengemudi tetap fokus berkendara.

2. Patuhi batas kecepatan Mematuhi batas kecepatan berkendara perlu dilakukan untuk keselamatan. Hal itu karena pihak berwe nang sudah menyesuaikan batas kecepatan minimal dan maksimal dengan kondisi lingkungan jalan.

3. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain berguna agar tidak terjadinya senggolan antar pengendara. Menjaga jarak aman bisa menghindari tabrak belakang jika pengendara di depan mengerem mendadak.

4. Hindari makanan yang menyebabkan kantuk Hal ini berguna agar pengemudi bisa terus berkonsentrasi dalam berkendara.

5. Sabar dan patuhi aturan lalu lintas Bersabar adalah kunci penting dalam keselamatan berkendara serta membantu untuk fokus melihat dan mematuhi aturan lalu lintas yang sudah terpasang di bahu jalan.

6. Cermat gunakan aplikasi navigasi Terkadang, aplikasi navigasi akan mengarahkan pengendara kepada jalur tercepat, namun tidak aman untuk dilewati. Sehingga, penting untuk mencermati penggunaan aplikasi navigasi agar terhindar dari jalur alternatif yang berbahaya.

7. Perbanyak istirahat Istirahat secara rutin dalam perjalanan baik bagi konsentrasi pengemudi. Jika pengemudi memang sudah banyak kehilangan konsentrasi, rutinlah untuk beristirahat.

Itu tips aman berkendara saat mudik lebaran, dan jangan lupa untuk terus berdoa kepada Tuhan agar diberi kemudahan, kelancaran, dan di hindarkan dari marbahaya.

(Ranzellasusmitha)