Tingkatkan Profesionalitas, PWI Jateng Bersinergi Dengan Semen Gresik Gelar UKW di Hotel Novotel Semarang

0

Semarang, EkspresNews.com – Guna meningkatkan kompetensi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah (Jateng) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama dua hari, Jumat- Sabtu, 26 – 27 Februari 2021 di Hotel Novotel Jalan Pemuda No 123 Semarang.

UKW diikuti 24 peserta, terdiri dari 6 wartawan untuk jenjang Utama serta 18 wartawan jenjang Muda. Ketua PWI Jateng, Amir Mahmud NS dalam sambutannya mengatakan bahwa PWI Jateng akan selalu menggencarkan Uji Kompetensi Wartawan. “Hal ini merupakan primadona dalam kegiatan UKW kedepannya sehingga menjadikan wartawan lebih kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” tutur Amir.

Menurutnya, PWI Jateng akan lebih serius dan fokus dalam melakukan kegiatan UKW meski dilaksanakan dalam masa pandemi covid 19.

Sementara PWI Pusat yang diwakili Hendro Basuki berpesan materi uji UKW terus diperbaharui setiap tahunnya. “Tahun 2018 pelaksanaan UKW di PWI belum ada materi Hukum, Pers dan Kode Etik namun setahun ini kita merasakan bahwa kita perlu melakukan adaptasi baru begitu juga dengan soal-soal yang ada di materi uji,” ujar Hendro.

Menurutnya, setiap jaman membutuhkan adaptasi baru, begitu juga dunia pers. Didalam uji kompetensi inilah akan diuji kapasitas didalam memahami praktek maupun teori jurnalistik serta juga filosofi yang ada didalamnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri pembukaan UKW di Hotel Novotel sangat mengapresiasi pelaksanan Uji Kompetensi Wartawan karena bertujuan meningkatkan kompetensi dan kualitas wartawan dalam menjalankan tugasnya. “UKW merupakan kegiatan yang perlu didukung guna meningkatkan keprofesionalan jurnalis dan dapat dilaksanakan secara rutin dan kontinu. Saya merasa bahwa kehadiran media sangat dibutuhkan saat ini maupun mendatang,” tutur Ganjar.

Pada kesempatan yang sama, dalam selayang pandang tentang Semen Gresik, Direktur Keuangan Dan Sumber Daya Manusia PT Semen Gresik, Muchammad Supriyadi sangat mendukung program PWI Jateng dalam peningkatan komperensi wartawan. Dirinya mengapresiasi dan kedepannya PT Semen Gresik akan selalu berkontribusi dan mendukung apabila bersinergi dengan PWI Jateng dalam kegiatan rutin UKW. Hal ini menandakan PT Semen Gresik peduli terhadap profesionalisme wartawan di Jawa Tengah. (Taufiq)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.