Tim WRU BKSDA Sumbar Meninjau Kemunculan Buaya Muara Didekat Basko Grand Mall

Editors choice
0

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Perihal penampakan buaya di pantai Air Tawar, Kec. Padang Utara yang sempat viral di medsos, Pagi ini tanggal 15 September 2022 sekitar pukul 9.20 Wib, tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar melakukan pengecekan lokasi.

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat buaya tersebut berenang dari arah Muaro dekat Basko Grand Mall menuju Muara Panjalinan, dan saat pengecekan oleh tim WRU BKSDA Sumbar dan informasi yang didapatkan dari masyarakat setempat tidak ada melihat penampakan buaya tersebut.

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Ardono, S.TP, M.SC mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati melakukan aktivitas disekitar penampakan buaya muara tersebut. “Kami mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati melakukan aktivitas disekitar penampakan buaya muara,” katanya.

Selanjutnya tim WRU BKSDA Sumbar menemui perangkat RT 02/03, Yuliani selaku Wakil RT 02/03 dan masyarakat setempat untuk memberikan sosialisasi bahwa buaya muara merupakan satwa liar yang dilindungi dan memberikan imbauan agar masyarakat setempat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar lokasi penampakan buaya.

Yuliani selaku wakil RT 02/03 langsung memberikan imbauan kepada masyarakat setempat melalui pengeras suara masjid setempat.

Buaya Muara ini termasuk daftar merah IUCN. Sedangkan di Indonesia satwa ini dilindungi sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor.P.106 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Dilindungi. (Red)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.