Teryata Pupuk Kandang Cocok Untuk Tanaman Kacang Hijau

0

Pati – Serda Subakir anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 Kodim 0718/Pati terlihat sedang berduaan di tengah area persawahan yang baru saja selesai panen padi. Ternyata, Ia sedang membantu warga memupuk tanaman kacang hijau, Selasa (08/6/2021).

Menurut keterangan pemilik lahan, Supriyadi (46) warga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, tanaman kacang hijau juga perlu dipupuk, sebelum masuk ke tahapan penyemprotan penghijau daun. Hanya dengan pupuk kandang saja, pasalnya pupuk kandang memberikan sensasi adem (dingin) pada akar tanaman kacang hijau, sehingga tidak mudah layu.

“Ketika batang tanaman kacang hijau sudah mulai tumbuh kira-kira 5 cm, saya mulai munaburkan pupuk kandang kering agar pupuk bisa tersebar secara merata. Diharapkan saat terkena air embun pupuk bisa meresap ke akar tanaman,” jelas Supriyadi.

Sementara Subakir menjelaskan, meskipun kegiatan kami fokus pada kegiatan sasaran fisik TMMD yakni mengurukan dan perataan jalan yang bakal dibetonisasi, namun di saat ada waktu senggang, TNI Satgas TMMD selalu menyempatkan diri untuk membantu warga setempat.

“Kami Satgas TMMD, setiap ada waktu luang selalu bantu warga setempat. Selain itu juga memberikan motivasi kepada warga, khususnya petani disekitar sasaran fisik TMMD untuk tetap semangat dalam bercocok tanam, sebentar lagi jalan akan dibetonisasi,” ujar Subakir. (0718)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.