Terpilih Aklamasi, Marsianus Jawa Pimpin IKEBANA Kupang

0

Musyawarah Besar II Ikatan Keluarga Besar Nagekeo (IKEBANA) KUPANG, melalui Badan Formatur yang terdiri dari tujuh orang perwakilan dari tujuh  kecamatan, memilih secara aklamasi Drs. Marsianus Jawa, M.Si, sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Nagekeo (IKEBANA) Kupang, dengan masa bakti, periode 2017 s/d 2020.

EkspresNews.com – Tujuh Orang perwakilan yang memilih dari ketujuh kecamatan yaitu, Frans Seda Leba : Perwakilan Kecamata Aesesa, Ignasius Dapa : Kecamatan Aesesa Selatan, Wanster Buu: Kecamatan Wolowae, Obaldus Toda: Kecamatan: Nangaroro, Marsianus Jawa: Kecamatan Keo Tengah, Longginus Lengi  kecamatan: Boawae, dan Margaretha Toyo: Kecamata Mauponggo, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 di Aula Hotel Cahaya Bapa, Kota Kupang yang dihadiri peserta Mubes II perwakilan tujuh kecamatan sekitar 700 orang.

penyerhan-petaka-dari-ketua-terdimisioner-felix-d-dando-sh-kepada-ketua-umum-ikebana-terpilih-drs-marsianus-jawa-m-si-kiri-disaksikan-ketua-dewan-penasihat-obaldus-toda-tengahPantauan Tabloid Berita Indonesia Raya (Affiliasi EkspresNews), acara Musyawarah Besar II yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur, Anwar Pua  Geno, SH  dimulai pukul 09.00 Wita. Berlangsung cukup meriah dengan nuansa penuh kekeluargaan dipandu MC Vitalis Wolo, S.Fil dengan pantun daerah Nagekeonya, serta  semua peserta mubes mengenakan pakian adat daerah Nagekeo, diringi musik daerah (gong dan gendang)  bersama tarian daerah (ja’I)  dari mahasiswa Nagekeo mengantar seluruh peserta mubes dari  ketujuh kecamatan memasuki aula Hotel Cahaya Bapa Kupang.

Dalam sambutannya sebelum membuka Mubes II, Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur yang Juga Putra Nagekeo ini mengapresiasi dan bangga kepada panitia dan mahasiswa yang membantu menyelengarakan Mubes II Ikebana. “Saya yang berdiri disini sebagai Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur tetapi saya juga sebagai putra Nagekeo sepantasnya memberikan apresiasi dan rasa bangga serta terima kasih kepada Panitia dan ade – ade mahasiswa yang tergabung dalam wadah PERMASNA yang membantu menyelenggarakan  Mubes II yang bisa dilaksanakan pada hari ini, semoga mubes ini mampu menghasilakn  harapan baru, ada semangat baru dan ada pencapaian – pencapaian baru ketika terbentuknya kepengurusan Ikebana hasil mubes hari ini,” ujarnya.

Pua Geno yang juga salah seorang inisiator pembentukan Ikebana Kupang, berharap kepengurusan yang baru lebih bergairah, semangat menjawab segala kegelisahan dan segala kebutuhan masayarakat Nagekeo yang ada di Kota kupang melalui programnya kerjanya. “Kepengurusan yang baru harus lebih semangat, lebih punya gairah, kekutan dan kekompakan saya berharap semoga mubes ini menghasilkan kepengurusan dan program menjawab segala kegelisahan dari masayarakat Nagekeo yang ada di Kota kupang dan juga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan Nagekeo kita tercinta,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Ketua DPRD Propinsi NTT, Forum Mubes ini lebih bermakna jika kepengurusan baru bisa menjukan kepada warga masyarakat Nagekeo di Kupang bahwa Ikebana hadir mamembawa manfaat untuk warga Nagekeo di Kupang, tentu program telah dirumuskan yang akan dibahas, jangan muluk–muluk tetapi yang bisa kita laksanakan, kita harus mereflesikan kepengurusan yang lalu mungkin kehadiran kita yang belum memberikan manfaat. Ikebana harus hadir dalam suka dan duka, melakukan program kegaiatan yang lebih menjawab kebutuhan, melalui Ikebana kita juga turut berbuat kegiatan social secara berturut – turut dengan ikut membersihkan  rumah – rumah ibadah, kebersihan pantai, penanaman pohon yang dialkuakan secara terus menerus sehingga pemerintah daerah juga bisa tahu kalau kita ada, dan memberikan hal yang positif bagi daerah.

Sebelum menutup sambutannya kader muda Nagekeo ini, mengajak seluruh masyarakat Nagekeo yang ada dikupang, turut peduli berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan kemajuaan Kabupaten Nagekeo tercinta. “Warga Nagekeo di Kupang harus terus peduli berikan perhatian, sumbangsih pikiran dan tenaga untuk kemajuan tanah kelahiran kita, Nagekeo tercinta. Kabupaten Nagekeo yang sekarang sudah berusia 10 Tahun, dengan Ibu Kota Mbay yang kita rasakan sekarang belum cukup maju dan berkembang seperti Kabupaten lain di Propinsi NTT, tetapi kalau pemerintah dan DPRD serta masyarakat lebih bersatu, cerdas, bekerja keras memajukan Nagekeo kita, mestinya Nagekeo khususnya Kota Mbay lebih maju dan berkembangan dari kondisi yang seperti kita saksikan sekarang ini,” ungkapnya.

Beliau mencontohkan ada beberapa program pemerintah yang harus terus didorong untuk kemajuan Kabupaten Nageko, “Kota Mbay harus di Tata lebih baik lagi agar Kota Mbay betul – betul sebagai Ibu Kota Kabupaten Nagekeo dan sebagai salah satu calon kuat Ibu Kota Propinsi Kepulauan Flores apabila terbentuk nanti, pembangunan Waduk Lambo yang adalah salah satu program pemerintah pusat yang diharapkan Mbay mampu menjadi lumbung padi NTT, Bandara Surabaya II Mbay yang rencananya akan menjadi Bandara terbesar di Flores, serta Garam Mbay yang sesuai penelitian merupakan garam dengan kualitas terbaik di dunia, demi menjawab kebutuhan garam nasional kita,” ujarnya.

Suasan Persidangan Mubes II Ikebana Kupang, juga terpantau cukup menarik karena diwarnai Dinamika yang begitu tinggi, namun berkat kepawaian dan kecerdikan pimpinan sidang yang dipimpin salah seorang politisi senior yang juga Anggota DPRD Propinsi NTT Thomas Tiba Owa, S.Ag, Sekertris Yeremias Pande Gani yang juga Komisoner KPID NTT, dan Anggota Yoseph Babo Rangga, membuat suasan sidang dapat berjalan dengan lancar sampai selesai terpilihnya ketua Umum Ikebana Kupang, dan menghasilkan keputusan – keputusan strategis untuk keberlangsungan Ikebana Kupang yang disepakati dan tertuang dalam Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga IKEBANA KUPANG. Tampak sesepuh Nagekeo Kupang yang turut hadir dan aktif sampai selesai, diantaranya: Piter Do Santo, Damianus Godho, Obaldus Toda, Thomas Ora Aja, Maksi Ebu To, Felixs D. Dando, Patris Lali Wolo, Adrianus Ceme, Aloysius Dando,   Gaspar Bata Besu, Mikae Tomi Susu, Petrus Meka, Samsul Bahri, Hendro Mado, Kanis Jawa, Rikard Wawo dan Ibu Katrina Mau.

Sebelum menutup secara resmi musayawarah besar (MUBES II) IKEBANA – kupang, ketua umum terpilih Drs. Marsianus Jawa, yang juga sekertaris Inspektorat Propinsi NTT, menyampaikan terima kasih kepada semua masyarakat Nagekeo di Kupang atas kepercayaan ini, namun kepercayaan ini perlu didukung oleh semua pihak khususnya dari seluruh ketua–ketua pagyuban/kelompok arisan yang terdata sekitar 30 lebih dari 7 kecamatan, agar kesepakatan-kesepakatan strategis yang diputuskan dalam Mubes ini dapat berjalan dengan baik, khususnya mempersatukan semua masyarakat Nagekeo di Kota Kupang dalam suka dan duka.

Nus Jawa sapaan akrabnya  juga menyampaikan teria kasih kepada panitia pelaksana dan semua sesepuh donatur yang telah menyumbangakan, untuk tersuksesnya Mubes II Ikebana Kupang.

Sementara itu salah seorang panitia yang cukup aktif dalam Mubes II, Hyasintus Wago Nenu kepada Indonesia Raya dengan semangatnya, menyampaikan panitia bersama ketua terpilih akan segera bergerak cepat mempersiapkan pelantiikan Badan Pengurus yang baru, dirangkaikan dengan Natal dan Tahun Baru bersama yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 27 Januari 2017, sesuai dengan usulan salah seorang sesepuh Nagekeo Kupang, Bapak Damianus Godho Karena bertepatan dengan hari ulang tahun Swa Peraja Nagekeo.

(Erasmus Nagi Noi)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.