Ternyata Anggaran Ibukota Baru Indonesia Belum Ditetapkan

Editors choice
0

JAKARTA, EKSPRESNEWS.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah mempersiapkan anggaran untuk beberapa program di dalam APBN 2022. Program tersebut termasuk pembangunan ibu kota negara (IKN) baru dan pemilu pada 2024 mendatang.

“Untuk tahun 2022, PEN masih akan jalan, IKN juga dijalankan, dan juga persiapan pemilu yang membutuhkan anggaran yang besar,” ujarnya dalam konferensi pers Realisasi APBN 2021, dikutip dari kanal Youtube Kementerian Keuangan, Selasa (4/1/2022).

Meski begitu, Sri Mulyani belum menetapkan berapa jumlah dan rincian anggaran untuk program-program tersebut. Untuk anggaran IKN, angkanya akan keluar setelah RUU IKN selesai dibahas. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatawarta mengatakan, anggaran IKN masih dihitung saat penyusunan APBN 2022.

“Untuk IKN kita belum menganggarkan eksplisit di APBN 2022 karena waktu APBN ditetapkan di Agustus, belum ada kepastian kita memulai di 2022 atau kapan,” katanya.

Namun, pihaknya sudah menyiapkan alokasi dana karena rencana pembangunan IKN sudah sampai ke DPR. “Dengan penyampaian RUU ke DPR ini, kami sudah siapkan,” katanya. Sementara untuk pemilu, anggarannya akan disahkan pada 2023 atau 2024. Namun, penyusunannya akan dimulai tahun ini. (Red)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.