Sutan Riska Dampingi Presiden Pada Pembukaan Munas APKASI di Istana Negara

0

Ekspresnews.com – Jakarta – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan yang juga calon kuat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Munas V Apkasi yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Selain Sutan Riska Tuanku Kerajaan hadir juga beberapa kepala daerah lainnya se Indonesia.
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang juga Wakil Ketua Umum APKASI, mengatakan secara resmi Munas APKASI 2021 telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo, dan kegiatan Munas APKASI akan dipusatkan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

“Alhamdulillah pembukaan Munas Apkasi berjalan dengan lancar dan tertib dan langsung dibuka oleh bapak Presiden,” jelasnya.

Dikatakan SR, beberapa agenda akan digelar dalam kegiatan Munas APKASI ini, termasuk rapat pleno dan pemilihan ketua Apkasi.

Disinggung apakah beliau maju dalam merebut Ketua Umum APKASI, dengan tersenyum sumringah ia mengatakan Insya Allah jika Allah meridhoi dirinya siap maju di Munas APKASI 2021.

“Insya Allah, saya minta doa dari seluruh masyarakat Dharmasraya dan Sumatera Barat,” tandasnya.

Dari kegiatan pembukaan Munas Apkasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh bupati untuk mengawal program vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di berbagai daerah. Pemerintah kabupaten wajib mendahulukan masyarakat yang mobilitas dan interaksinya tinggi, seperti pedagang pasar dan terminal.

“Program vaksinasi dikawal dan pelaksanaannya dimonitor,” kata Presiden Jokowi pada pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Munas V Apkasi 2021 yang mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi di masa Pandemi Covid – 19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah, dan Swasta dengan Dukungan Kebijakan yang Berpihak,” dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Jokowi mengatakan, pengecekan dilakukannya hingga berbagai daerah, baru di Jakarta, Bali, Kalimantan, Maluku Utara hingga Maluku Tengah untuk memastikan bahwa vaksinasi berjalan sesuai program yang dicanangkan pemerintah. Munas V Apkasi secara hybrid, Jumat (26/3/2021).

“Kenapa saya cek sampai di Maluku Utara dan Maluku Tengah, untuk memastikan bahwa daerah tidak terlambat melakukan vaksinasi,” katanya.
Ia mengatakan, bupati juga harus memastikan bahwa proses vaksinasi sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Selain itu, pemerintah daerah harus mempersiapkan vaksinator dengan baik dan target di setiap kabupaten harus diketahui secara pasti.
“Siapkan vaksinator dengan baik. Target di setiap kabupaten harus tahu, dan harus mengerti betul,” kata Presiden Jokowi.

Comments

comments

About author