SMA Negeri 4 Semarang Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke -61

0

SEMARANG, EKSPRESNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HUT Pramuka Ke-61 Ambalan Setiabudi – Malahayati SMA Negeri 4 Semarang menggelar upacara bendera yang dipusatkan di lapangan sepakbola SMA Negeri 4 Semarang, jalan Karangrejo Raya 12A, Banyumanik, Kota Semarang, Senin (15/8/2022).

Kegiatan ini diikuti 1.234 peserta yang terdiri dari 1.118 peserta didik SMA Negeri 4 Semarang, 80 guru dan karyawan serta 36 mahasiswa PPL Unnes,UPGRIS serts UIN Kota Semarang.

Kamabigus sekaligus Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Wiwin Sri Winaeni, S.S dalam pidatonya menuturkan “Kita semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yangbkita cintai genap berusia 61 tahun. Tahun ini pula sekaligus. Kita memperingati 110 tahun keberadaan Gerakan Kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912,” ucapnya.

Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersama Gerakan Pramuka.

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiaran tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan rekad kita untuk terus mengabdi tanpa diberbagai bidang,” ujar Wiwin.

Menurutnya Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka sejak usia Pramuka siaga, adik adik kita telah di didik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain lain yang membutuhkan pertolongan.

Hal itu bisa dimulai dengan cara cara sederhana, dan dilakukan dilingkungan keluarga kita masing masing maupun dilingkungan masyarakat disekitar tempat tinggal kita.

Lebih lanjut Wiwin menegaskan semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat. ersaudaraan tanpa membeda bedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

Dia menilai saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19.Dalam membantu mengatasi dan menanggulanginya, Gerakan Pramuka telah melalukan banyak hal.

Dia berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi covid-19 segera melandai dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan.

” Kami mengucapkan terims.kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid -19 antara.lain melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional, dengan memenuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk patuh pada protokol kesehatan.

Serta kegiatan Gerakan Kepedulian Nasional, dengan menunjukkan sikap empati dan simpati. Siap menolong mereka yang terdampat karena pandemi covid-19,” terang manta Kepala SMA Negeri 8 Semarang.

Kakak kakak dan adik adik telah menunjukkan sikap seorang Pramuka sejati yang siap menolong siapapaun yang.membutuhkan bantuan Percayalah apa yang kakak kakak – adik adik lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kakak dan adik semua.

Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XII 2022 yang akan dilaksanakan di Buperta Cibubur, dari 14 – 21 Agustus 2022, dan diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dari gugus depan yang berpangkalan di perwakilan RI di luar negeri, dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara,” papar Wiwin.

Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema ” Ceria, Berdedikasi, Berprestasi”
Saya berharap tema itu dapat diterapkan oleh semua anggota Gerakan Pramuka, terutsma adik adik peserta didik dimanapun berada, baik yang ikut mauoun yang tidak ikut jamnas.

Marilah kita tetap ceria dalam.menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa,selalu berdedikasi dalam semua aktifitas kita, baik di sekolah,kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya, dan berusaha mencapai prestasi sebaik baiknya dalam bidang bidang yang kakak dan adik adik tekuni.

Pada tahun ini juga, lanjut Wiwin, akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya. Diantaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu. Marilah kita dukung dan ikut menyukseskan kegiatan kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Usai sambutan ditutup dengan pemberian penghargaan Duta Pramuka Teladan Ambalan Setiabudi – Malahayati SMA Negeri 4 Semarang kepada Peserta Didik atas nama :

  1. Arrasyid Atma Wijaya XII kelas Mipa1
  2. Keysha Radjaswa Salsabilla kelas XII Mipa 3
  3. Hifi Callista Dio kelas XII Mipa 5
  4. Virananda Rista Putricia, kelas XII Mipa 6
  5. Angelina Mayza Putri H, kelas XII IPS 1
  6. Rahans Garuda Jayapaksi, kelas XII IPS1
  7. Refaya Kayla Devrino, kelas XII IPS 2. (Taufiq)
About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.