SMA Negeri 4 Semarang Gelar Pelantikan Penegak Bantara Dan Penegak Laksana

0

Semarang, EkspresNews.com – Penegak Bantara adalah tingkatan yang dicapai dengan pemenuhan syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana.

Untuk mencapai tingkat Penegak Bantara, calon Penegak harus memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang terdiri dari 4 aspek yaitu spiritual, sosial, emosional, fisik.

Sedangkan Penegak Laksana adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum kedua dalam satuan Pramuka Penegak setelah Penegak Bantara. Golongan Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Laksana dapat mengikuti SKU Pramuka Garuda.

SMA Negeri 4 Semarang menggelar pelantikan Penegak Bantara dan Penegak.Laksana yang bertempat di lapangan sekolah jalan Karangrejo Raya 12A Srondol Wetan,Banyumanik Kota Semarang, Minggu (26/9/2021)

Pembina Pramuka SMAN 4 Semarang,Sunarto,M.Pd menuturkan untuk tingkatan pramuka penegak itu adalah penegak, penegak bantara dan yang tertinggi adalah penegak laksana dari itu anyinuabakan menuju.penegak garuda.

Program kami usai penantikan sesuai UU Kepramukaan bahwa pramuka sebagai fondamen utama didalam meningkatkan pendidikan karakter,sehingga karakter bangsa ini akan tertanam pada anak anak pramuka utamanya penegak. Karena apa pramuka disebut sebagai kepanduan sehingga akan menjadi penggerak dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan karakter memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan juga memiliki jiwa patriotisme yang tinggi pula,” ucapnya.

Lebih lanjut Sunarto mengungkapkan sesuai kode etik kepramukaan dengan semboyan Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan sehingga dalam pramuka tidak ada henti hentinya dalam berbakti. tiada bukti berbakti untuk negeri,” terang Sunarto.

” Harapan kedepan kami dari Bangkalan SMA Negeri 4 Semarang agar nantinya banyak lolos menjadi Pramuka Garuda.

Ini menunjukkan bahwa eksistensi gerakan pramuka di SMA Negeri 4 Semarang selalu eksis, tidak.pernah henti walaupun di masa pandemi tetap berkarya sehingga tujuan utama adanya pelantikan penegak bantara dan penegak laksana supaya adik adik penegak di SMA Negeri 4 ini menjadi generasi yang kreatif inspiratif, sesuai dengan program yang dicanangkan oleh sekolah yaitu ” Smapa Inspiratif. ” Nantinya juga sebagai Penegak Bantara Inspiratif dan Penegak Laksana Inspiratif untuk mendukung visi dan misi Bangkalan SMA Negeri 4 Semarang,” tegas Sunarto.

Dirinya berpesan supaya melaksanakan sesuai yang diemban sekarang sebagai penegak bantara dan juga penegak laksana sehingga tidak hanya simbolis saja tapi betul betul menguasai ilmu kepramukaan dibidang kebantaraan dan juga kelaksanaan sebagai orang terdepan dalam.mencapai cita cita menuju Indonesia maju, Indinesia yang sesuai diharapkan oleh konstitisi negara yaitu menuju Indonesia yang adil makmur, sejahtera lahir dan bathin,” pungkasnya.

( Taufiq)
About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.