Sistem Pelayanan Masyarakat Menjadi Acuan Berkembangnya Warga Dalam Sebuah Daerah

0

Oleh : Fadhil Ahmad

EKSPRESNEWS.COM – Sistem dalam pelayanan masyarakat menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan dalam menemukan sebuah informasi dari pemerintah pusat maupun informasi tentang sebuah perkembangan apapun yang berada pada lingkungan daerah tersebut, seperti pertumbuhan ekonomi, pengetahuan tentang sebuah teknologi, ataupun informasi tentang program pembangunan untuk daerah tersebut.

Komunikasi sangat penting dalam melaksanan tugas pelayanan masyarakat, menjadi sebuah alat untuk menentukan hasil kinerja yang berdampak bagi seluruh masyarakat. Dengan menggunakan komunikasi yang baik melayani masyarakat menjadi salah satu terciptanya sebuah citra yang baik untuk penilaian terhadap hubungan dengan pemerintah, karena instansi tersebutlah yang dapat mengayomi langsung bagaimana keadaan perkembangan masyarakat.

Dalam pelayanan kepada publik, masyarakat akan puas mendapatkan sebuah penyampaian informasi yang menggunakan komunikasi yang baik dari pelayanan publik pemerintah sehingga publik akan lebih mendengarkan humas yang memiliki tata cara yang baik terhadap ke semua orang. Informasi yang diberikan kepada masyarakat juga merupakan sebuah program pemerintah yang dirancang untuk kemajuan daerah masyarakat tersebut, sehingga seorang pelayanan publik harus memiliki strategi komunikasi yang bisa meyakinkan publik terhadap program yang bertujuan untuk masyarakat itu sendiri.

Setiap manusia pasti memiliki berbagai sifat yang berbeda, tetapi apabila seorang pelayanan publik bisa meyakinkan setiap individu atau sebuah kelompok maka setiap masyarakat akan merasa percaya terhadap setiap informasi yang diberikan oleh seorang humas pemerintah tersebut.

Tidak mencari untung dan memberikan kemudahan pada proses pengurusan administrasi, salah satu cara pelayanan publik yang sangat dicari oleh setiap masyarakat, terutama pada daerah pedesaan yang bisa dikatakan faktor ekonomi sangat rendah pada kebanyakan individunya. Sangat tidak layak apabila seorang humas pemerintah mencari untung pada daerah pedesaan, dengan hal tersebut bukan membuat masyarakat menjadi berkembang tetapi membuat masyarakat tidak berkembang akibat faktor ekonomi yang tidak bisa memadai. (***)

Penulis adalah Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.