Sewa Lahan PTBA Pasca Tambang Besar, Pemko Surati Kementerian

0

EkspresNews.com – Besarnya pembiayaan daerah yang tersedot untuk sewa lahan PTBA menjadi salah satu permasalahan yang dipertanyakan fraksi DPRD dalam rapat Paripurna yang berlangsung rabu 22 Juli 2020 di gedung legislatif.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan bahwa untuk mengatasi masalah ini pihaknya telah menyampaikan kepada Kementrian BUMN dan PTBA tbk untuk membebaskan pembayaran sewa tanah yang dimanfaatkan Pemko dan masyarakat Kota Sawahlunto.

Wako juga menyebutkan pihaknya
telah menyurati Kementrian BUMN RI untuk menfasilitasi keringanan sewa tanah kepada PTBA terhadap lahan yang dipakai Pemko.

Pemko juga terus mengupayakan penyerahan hibah lahan/aset pasca tambang dari PTBA, sesuai kesepakatan dalam rapat di Kementrian BUMN RI antara Pemko Sawahlunto bersama PTBA pada 16 Mei 2018 lalu.

Menindaklanjuti rapat tersebut, pada 2019 kita sudah menyerahkan kepada PTBA masterplan pemanfaatan ruang pada Kawasan Bekas Tambang Kandi dan Tanah Hitam seluas 393,45 Ha.

“Pemko juga telah membentuk tim khusus dan lembaga yang berkompeten untuk menyelesaikan masalah penyerahan lahan pasca tambang ini” sebut Deri Asta menjawab pertanyaan fraksi DPRD Kota Sawahlunto.(Ab1)

Comments

comments

About author