Serda Irwanto Tertarik Pelihara Sapi Sistem Indukan

0

Pati – Disela-sela kesibukannya sebagai anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa tengah, Serda Irwanto selalu aktif melakukan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan warga masyarakat setempat.

Ini terbukti ketika sedang bersama Bapak Sugito (48) warga Dukuh Kalimati, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, seorang peternak sapi. Ia mempunyai dua ekor indukan sapi yang cara berkawinannya dengan sistem kawin suntik.

Sementara Bapak Sugito menjelaskan, dirinya sengaja memilih pelihara sapi jenis betina sebagai indukan, pasalnya dihitung dari hasil keuntungan lebih besar dari pada pelihara sapi jantan untuk pedaging. Hal ini sudah dibuktikan bertahun tahun lamanya memelihara sapi indukan untungnya lebih menjanjikan.

“Ini saya pelihara cuma dua ekor, pasalnya terkendala masalah modal, waktu dan tenaga. Saya juga bertani di sawah, kalau fokus ternak sapi, sawah saya tidak terurus. Alhamdulillah, itung-itung pekerjaan ini sebagai tabungan untuk cadangan kebutuhan keluarga,” ucap Sugito.

Sementara Serda Irwanto mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bapak Sugito. Dengan kesabaran dan ketelatenannya, dia mampu menggarap sawah dan juga beternak sapi di rumah.

“Ini yang perlu dicontoh oleh warga desa yang lain, berkerja dengan ulet dan sabar akan mendapatkan hasil yang setimpal. Semoga apa yang telah dilakukan Bapak Sugito ini bisa bermanfaat untuk keluarganya,” ujarnya. (0718)

Comments

comments

About author