Serap Informasi Dari Masyarakat, Koramil 1206-12/Kalis Gelar Komsos

0

Kalis, EkspresNews.com – Dalam rangka menyerap berbagai informasi yang berkembang di wilayah binaannya, Koramil 1206-12/Kalis Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) Sabtu, (28/03/2021)

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung SDN 1 Nanga Kalis dihadiri Camat Kalis beserta Forkopimcam Kalis, Kapolsek Bika, para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Kalis dan Bika, Kepala Puskesmas Bika dan mewakili Kepala Puskesmas Kalis. Komsos kali ini mengangkat tema “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Dalam arahannya, Danramil 1206-12/Kalis Pelda Mulyadi mengungkapkan, dilaksanakannya kegiatan Komunikasi Sosial sebagai upaya menyerap berbagi informasi yang ada di masyarakat, dan menjadi sarana komunikasi berbagai komponen masyarakat.

“Kita harapkan melalui Komsos ini, barangkali ada sesuatu hal yang harus dikomunikasikan atau disampaikan yang perlu diketahui oleh khalayak umum agar disampaikan,” pinta Danramil.

Komsos dilaksanakan juga, untuk merajut kesatuan dan persatuan dan meningkatkan kembali semangat jiwa nasionalisme masyarakat saat ini.

“Minimal dari tingkat desa sebagai penyambung lidah pemerintah disampaikan kepada masyarakat ditingkat dusun dan desa, sehingga bisa diwujudkan, terutama masalah persatuan dan kesatuan,” kata Danramil.

Dikatakan Danramil 1206-06/Kalis, tugas Teritorial Koramil Kalis membawahi 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Kalis dan Kecamatan Bika.

Dimana pihaknya harus menugaskan setiap Babinsa agar mengemban tugas secara optimal, kendati dengan keterbatasan anggota.

“Secara perlahan saya akan mengunjungi satu-satu desa baik di Kecamatan Kalis maupun Kecamatan Bika,” tambahnya.

Sedangkan di Kecamatan Kalis sendiri kata Danramil, ada 17 desa yang harus dilakukan pembinaan teritorial oleh Babinsa, sedangkan untuk Kecamatan Bika ada 8 Desa.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, pembinaan dilaksanakan untuk semua lini.

Kemudian Danramil juga memastikan bahwa pihaknya siap mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah dari pusat hingga daerah.

Beberapa program sudah dilaksanakan, diantaranya RT Tangguh Covid-19 dan tahun depan Kecamatan Kalis direncanakan sebagai lokasi TMMD.

“Kita berupaya mengangkat potensi yang ada di desa, agar masyarakat luar mengetahui dan bisa berdampak dalam membangun ekonomi masyarakat desa,” kata Danramil

Sementara itu, Camat Kalis Supriyadi mengucapkan terimakasih kepada Danramil Kalis beserta jajaran yang telah membuka ruang komunikasi bersama seluruh unsur masyarakat.

“Kegiatan ini sangat penting dalam kita menggali informasi baik dari tingkat bawah maupun atas.Dengan tercavernya informasi ini, maka kita bisa melakukan langkah-langkah kebijakan apa yang harus kita ambil,” bebernya.

Pada kesempatan itu juga Camat menginformasikan terkait rencana pembangunan yang ada di wilayah Kalis, seperti pembangunan infrastruktur serta pengembangan potensi pariwisata yang ada di Kalis.

Camat juga mengingatkan masalah pandemi Covid-19, dimana Satgas Covid-19 Kecamatan telah menyampaikan himbauan hingga ke desa – desa agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Di kesempatan yang sama, Kapolsek Kalis Iptu Daeng Usman mengatakan, dengan adanya Komsos ini, informasi yang didapatkan hendaknya disampaikan juga kepada masyarakat di wilayah masing – masing, terutama masalah keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kemudian Kapolsek Kalis juga mengingatkan mengenai Covid-19, yaitu pendisiplinan protokol kesehatan, sebagaimana yang ditekankan dalam Peraturan Gubernur tentang PPKM skala mikro

“Untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang itu tidak dibolehkan, seperti acara hajatan dengan OGT itu dilarang, karena memanggil orang untuk datang kesitu berkumpul,” ucap Iptu Daeng Usman.

Selanjutnya dari Kapolsek Bika Ipda Supriyadi mengatakan bahwa sekarang masalah Covid-19 harus menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat.

“Mari kita jaga situasi, jangan sampai semua kena imbas dan dampak,” tegasnya.

Terakhir, Kapolsek Bika menekankan selain masalah Covid-19 yakni tentang bencana banjir dan Karhutla yang harus menjadi perhatian masyarakat, agar diantisipasi dini.

Setelah paparan Danramil dan unsur Forkopimcam, dilaksankan sesi tanya jawab.

Kegiatan Komsos Koramil 1206-12/Kalis dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Peserta yang hadir telah melalui pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dan menggunakan masker serta memakai handsanitizer. (Erk/1206)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.