Serahkan 2,5 Milyar Bantuan Sosial Untuk Petani

0




EkspresNews.com – Senilai 2,5 Milyar diserahkan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi kepada masyarakat petani di tahun 2017 ini, baik bidang peternakan, tanaman pangan, perkebunan, perikanan serta ketahanan pangan. Bantuan ini diserahkan pada 15 KWT dan 15 kelompok tani secara simbolis oleh Plt. Sekda Payakumbuh, Amriul Dt Karayiang di Aula Dinas Ketahanan Pangan, Padang Tinggi (14/08/2017). “Payakumbuh karena mempunyai lahan yang sangat terbatas lebih diharapkan untuk meningkatkan fungsi agribisnis, bukan lagi dalam fungsi pertanian nasional,  baik berani dalam skala budidaya maupun skala pemanfaatan pekarangan,” ujar Amriul dalam sambutannya.

Ditempat yang sama, Plt. Kadis Ketahanan Pangan, Dt Walasri lebih menyoroti perihal KTNA atau Kelompok Tani Nelayan Andalan. “Tahun ini juga diperlukan revitalisasi KTNA agar dapat menjalankan fungsi lebih baik. KTNA ini menjadi tempat berhimpunnya seluruh lembaga atau kelompok tani termasuk KWT, sehingga dengan demikian keberadaan KTNA dimasa yang akan datang akan semangkin dirasakan manfaatnya oleh kelompok tani dan kelompok wanita tani,” ungkat Wal Asri.

Kadis Pertanian, Syahril dalam kegiatan tersebut juga berharap agar bantuan yang sudah diberikan kepada masyarakat ini betul-betul bisa di manfaatkan dengan seoptimal mungkin sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para petani Bantuandi Kota Payakumbuh.Dalam kegiatan yang sama juga dilakukan peresmian Sekretariat Kontak Tani  “Andalan” Kota Payakumbuh, penandatanganan sekretariat asosiasi petani tanaman hias kota Payakumbuh, penanda-tanganan Distribusi Perdana beras organik produksi kelompok tani Fajar kelurahan Taratak Padang Kampuang, serta penyerahan hadiah lomba Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Kota Payakumbuh tahun 2017.

Adapun pemenang APN ini untuk katagori Pelayanan Ketahanan Pangan, diserahkan kepada Andrino, Amd sebagai penyuluh pertanian wilayah binaan Koto Baru, Koto Panjang kecamatan Payakumbuh Timur sebagai pemenang pertama, selanjutnya kepada Eri Kurniati, penyuluh pertanian wilayah binaan Payobasung sebagai pemenang kedua, serta Maghdalena, STP, penyuluh pertanian wilayah binaan Padang tinggi piliang dan subarang batuang kecamatan Payakumbuh barat sebagai pemenang ketiga.

Selanjutnya juga diserahkan penghargaan pada katagori Pelaku Ketahanan Pangan, pada KWT Kaluak Sepakat, kelurahan Payobasung sebagai pemenang pertama, diikuti KWT Taratak Indah, kelurahan Tigo Koto diateh, kecamatan Payakumbuh Utara sebagai pemenang kedua dan KWT Sumber Rezeki kelurahan Koto Tangah, kecamatan Payakumbuh Barat sebagai pemenang ketiga.Secara khusus juga diberikan penghargaan kepada Joni Saputra, Ketua KTNA Kota Payakumbuh sebagai penerima penghargaan tingkat Sumbar sebagai penyuluh swadaya Tingkat Sumbar. (Nahar Sago)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.