Semangat Gotong Royong Di Darul Ulum Padang Magek

0

PADANG MAGEK, EKSPRESNEWS.COM – Melaksanakan kegiatan pembangunan di Pesantren Darul Ulum Padang Magek, sering dilakukan secara gotong royong. Seperti merangkai besi tiang beton, memasang bata dan memasang atap serta mencor lantai.

Bergotongroyong (Goro), ini sengaja diwujudkan demi menghemat biaya. Selain itu juga untuk memupuk rasa kekeluargaan dari setiap unsur yang ada di pondok ini. Mulai dari guru, murid, pengurus dan alumni serta masyarakat, semua berpartisipasi.

Ketika Goro yang berlangsung Ahad, (10/10), pekan lalu, seorang Alumni dari Kabupaten Solok, datang mengantar bekal untuk anaknya, tergerak pula hatinya bersedekah Rp. 1 jt. Alhamdulillah.

“Ambo indak ikut Goro doh, Ngku. Iko dari ambo untuak nambah bali bahan,” katanya sembari menitip uang kepada Tuanku H. Jakfar Imam Mudo guru besar Darul Ulum.

Ungku Jakfar yang ikut turun langsung bersama santri bergoro, memberikan uang tersebut kepada pengurus, untuk diteruskan ke toko bangunan.

Ada juga alumni datang dari Padang Pariaman, khusus menyumbangkan tenaganya, untuk pembangunan pondok. Biasanya dia meluangkan waktunya 2 hari untuk berjerja di pondok setiap bulan. Adakalanya lebih.

Begitulah kondisi pondok kita saat ini. Kita ansur ansur melengkapi sarana prasarana kelengkapan pondok, hingga layak jadi pesantren yang representatif.

Pondok kita saat ini masih, memerlukan tambahan lokal belajar bagi santri laki laki dan santri perempuan. Juga masih butuh asrama untuk santri laki laki. Masih memerlukan tambahan kamar mandi dan wc untuk santri perempuan. Masih membutuhkan ruangan kantor untuk guru guru.

Kini santri lebih kurang 300 orang. Diperkirakan akan bertambah, pada tahun ajaran berikutnya. Karena dari perkembangan terakhir, minat orang tua cukup tinggi untuk memasukan anak anak mereka ke pesantren. Bagi kita di Darul Ulum suatu keberkahan yang sangat disyukuri.

Semoga kondisi pondok kita di masa yang akan datang, bertambah lengkap sarana dan prasarananya. Sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar.

Bagi kaum muslimin dan muslimat yang ingin berinfak, sedekah, bisa disalurkan ke Rek BSI 7177997123. Semoga sumbangan yang diberikan berkah. Diberi pahala berlipat ganda oleh Allah Swt. Aamiin YRA. (AM)

Editor : AM

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.