Selain Pelindung Dari Wabah Covid-19, Masker Juga Melindungi Dari Debu

0

Pati- Pandemi virus Corona atau Covid-19 membawa dampak pada sektor kehidupan, baik ekonomi, sosial, budaya dan lainnya. Namun bagi Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0718/Pati, bukan menjadi penghalang. Di tengah wabah corona, semangat para prajurit tak berubah untuk tetap melayani masyarakat. Jum’at,(09/07/2021).

Menyelesaikan pembangunan di daerah terpencil tetap berjalan, karena sebelumnya sudah direncanakan secara matang. Tentu, kondisi sekarang mengharuskan Satgas mengikuti protokol yang ditentukan di tengah wabah Covid-19 sekarang. Di antaranya dengan social distancing, physical distancing, mengenakan masker dan cuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer.

Dan saat berlangsung TMMD yang dilaksanakan di Dukuh Pandahan Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, bertepatan dengan adanya pandemi covid 19. Lokasi kegiatan yang sering diselimuti debu dari pasir dan semen juga berdampak bagi kesehatan pernafasan Para Tim satgas dan warga yang sedang melakukan pekerja jalan rabat beton.

Maka memakai masker sangatlah penting sekali, selain untuk melindungi diri dari wabah covid 19, masker juga untuk melindungi diri TNI dan warga agar tidak terganggu kesehatannya karena debu.

Anggota Satgas TNI Sertu Sumarnomengakui bahwa dirinya sudah mulai terserang flu dan batuk. Hal ini disebabkan banyaknya polusi dari debu tanah dan debu semen yang akan dimasukan ke mesin molen.

“Langkah kita yang paling jitu harus pintar menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan dapat memenuhi target TMMD di Desa Tamansari,” ujar Sertu Sumarno, yang semangatnya masih menyala-nyala.