Sekretaris Utama BNPB Kunjungi Bumi Sikerei

Editors choice
0

EkspresNews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai beserta Forkopimda sambut kedatangan Sekretariat Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Harmensyah Dipl SE MM beserta rombongan.

Kedatangan Sestama BNPB dan rombongan di daerah yang dijuluki Bumi Sikerei itu memastikan kesiapsiagaan masyarakat Mentawai dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami yang kemungkinan bisa terjadi sewaktu-waktu serta melakukan langkah-langkah mitigasi gempa dan tsunami, yang mana akhir-akhir ini gempa sering mengguncang Mentawai.

Hal itu dituturkan Sestama BNPB Harmensyah saat diwawancarai awak media usai menggelar Rakor bersama pemda Mentawai dan forkopimda setampat di aula kantor Bupati Kamis, (22/10/2020).

“Kedatangan kami kesini untuk mengecek kesiapsiagaan masyarakat Kepulauan Mentawai dalam menghadapi bencana khususnya gempa dan tsunami, yang mana kita ketahui baru-baru ini sering terjadi gempa berulang di Mentawai, khususnya di Pagai Selatan” ujarnya.

Ia meminta pihak pemerintah setempat melalui BPBD membangun kembali ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, misalnya mengadakan latihan simulasi mengahadapi bencana gempa dan tsunami, kemudian melatih keluarga tangguh bencana dan desa tangguh bencana.

Menurutnya pemerintah setempat melalui BPBD harus memetakan wilayah yang rentan terhadap bencana gempa dan tsunami kemudian melakukan edukasi tentang ketangguhan mengahadapi bencana secara masif.

Lanjutnya, rentetan aktivitas gempa yang pusat sumbernya membentuk kluster di sebelah barat Pagai Selatan yang sering terjadi saat ini, patut diwaspadai.

Ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan namun meningkatkan kewaspadaan. Termasuk siap merespon setiap informasi serta peringatan dini dengan baik dan rasional.

Menurutnya evakuasi mandiri dinilai lebih efektif menjamin keselamatan. Evakuasi mandiri lebih banyak memiliki peluang untuk menyelamatkan diri dari terjangan tsunami.

Selain itu kedatangan Sestama beserta rombongan ke Mentawai, juga memastikan peralatan dan mitigasi bencana di wilayah Mentawai dapat berfungsi dengan baik.

Ditempat yang sama Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengucapkan terimakasih atas kunjungan Sestama BNPB beserta rombongan yang telah turun langsung melihat kondisi Mentawai dan telah memberikan perhatian khusus.

“Kita sangat berterima kasih kepada Kepala BNPB dalam hal ini diwakili Sestama atas perhatiannya terhadap Mentawai, dari jakarta datang ke Sumatera Barat tujuannya Mentawai, tentu ini menjadi harapan bagi kami di Mentawai mendapatkan dukungan pusat dalam hal kebencanaan,” tuturnya.

Lebih lanjut Yudas menuturkan, Kepulauan Mentawai hingga kini masih minim dalam sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana, termasuk sarana telekomunikasi, akses jalan, dan penerangan listrik untuk daerah rawan bencana.

“kita di Mentawai ini memang telah melakukan kegiatan sosialisasi soal kebencanaan. Namun keterbatasan yang ada di Mentawai, membuat sosialisasi kurang maksimal. Kendati demikian, kita juga akan tetap berupaya melaksanakan sosialisasi yang kita bisa, sesuai kondisi yang ada, termasuk kondisi keuangan apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini,” sebutnya.

Kedatangan Sestama BNPB dan rombongan yang mendarat dilapangan bola kaki Km.8 Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara, disambut langsung Sekda Mentawai Martinus Dahlan, unsur forkopimda Mentawai, Kakansar Mentawai dan Kalaksa BPBD Kepulauan Mentawai. (Ad/N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.