Sejumlah Pemuda – Pemudi Desa Tuapejat Ikuti Penyuluhan Bahaya Narkoba

0

MENTAWAI, EKSPRESNEWS.COM – Dewasa ini narkoba telah menjadi momok bagi masyarakat dan pemerintah khususnya bagi generasi muda sebagai sesuatu yang sangat membahayakan. Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan bahan berbahaya lainnya (narkoba) dengan berbagai implikasi dan dampak negatifnya merupakan suatu masalah global yang mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Kepala Satuan Narkoba Polres Kepulauan Mentawai AKP Hendri. SH, MH mengatakan, generasi muda merupakan generasi penerus bangsa.

Lanjutnya, Bangsa akan maju jika para pemuda memiliki karakter nasionalisme. Nasionalisme merupakan bagian penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Secara detail, penyebab merosotnya sikap nasionalisme pada diri anak karena berkembangnya zaman globalisasi, yakni rasa nasionalisme dikalangan generasi muda semakin memudar.

Hal ini dapat dibuktikan banyak generasi muda yang lebih memilih kebudayaan negara lain, dibandingkan dengan kebudayaan Indonesia. Mereka lebih senang mengaplikasikan budaya negara lain dalam kesehariannya, yang secara tidak sadar membuka lebar pintu masuk Narkoba.

Hal itu disampaikannya pada Sosialisasi bahaya Narkoba bagi generasi muda di desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Rabu, (29 Desember 2021).

“Narkoba itu sangat berbahaya, Narkoba itu otaknya semua tindakan kejahatan, dan karakter nasionalisme bisa pudar oleh Narkoba, ini perlu dijauhi” katanya.

Inilah mengapa penting dilakukan sosialisasi atau penyuluhan terkait bahaya narkoba pada remaja di setiap daerah hingga ke pelosok.

Hendri menerangkan, salah satu dampak negatif yang sering terjadi pada pengguna narkoba adalah halusinasi. Bahkan, penggunaannya yang sudah sangat berlebihan dapat memicu munculnya gangguan kecemasan, gangguan mental, hingga depresi.

“Jadi pemuda – pemudi di lingkungan Desa Tuapejat harus berhati-hati, karena ini bisa memicu seseorang melakukan tindakan di luar keinginan dan dampaknya sangat merugikan bagi kesehatan. Selain Narkoba, rokok juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan” jelasnya.

Ia berharap generasi muda di desa Tuapejat harus mampu menjadi pelopor anti Narkoba di Kepulauan Mentawai secara umum.

Penyuluhan bahaya Narkoba bagi generasi muda yang di gagas Pemerintah Desa Tuapejat di buka langsung Sekretaris Desa Tuapejat, Endimar dan diikuti 50 orang pemuda-pemudi. (N)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.