Satgas TMMD Kodim Pati Dorong Kualitas Ukir Warga Tamansari

0

PATI – Prajurit Satgas TMMD Kodim Pati menyempatkan diri untuk bertandang ke rumah rumah kerajinan ukir dan meubel yang ada di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, terutama kerajinan tangan ukir kayu abstrak meskipun kini sudah banyak peralatan mesin ukir canggih.

Hal ini di lakukan satgas, menyusul di saat mereka melaksanakan TMMD di Desa Tamansari melihat langsung proses ukiran dari desa tersebut dan berpotensi untuk di dorong kemajuanya.
Kerajinan ukir kayu warga Pati tersebut di ujicobakan dengan teknik seni ukir dari kerajinan ukir asli dan daerah lain, meski demikian tetap memiliki ciri khas tersendiri yaitu pada teknik irisan ukiran dan penyelesainya, sehingga layak di dorong, terutama kualitas, kuantitas, kemasan dan pemasarannya.

Kayu yang di pesan dari para petani kayu jati dari Pati maupun luar daerah seperti Rembang, Blora, Cepu dan Bojonegoro, kemudian kayu di proses seperti enak di pahat yang berbentuk seperti Gembol, kaligrafi, manusia, hewan hewan dan lain lain.

Setelah kayu di proses lalu di bentuk sesuai pola pola yang di inginkan dengan cara pahat dan ukir, kemudian kayu di keringkan dengan menggunakan mesin Oven. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kadar air yang ada di dalam kayu sehingga kayu tidak cepat lapuk. Setelah proses pengeringan masuk ke proses finishing.( Mf )

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.