Sang Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Bumi Sikerei

0

EkspresNews.com – Merayakan Dirgahayu Republik Indonesia, seluruh daerah dari Sabang hingga Merauke, melakukan hal unik dan lucu bahkan ada aksi yang sangat menantang dan menakjubkan, itulah serba-serbi penyambutan hari kemerdekaan yang merupakan sejarah panjang bagi Indonesia.

Dalam menyambut Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-71 Kodim 0319 beserta tim gabungan Diving yakni Pol Airud Polres Mentawai, Anggota Pos SAR Mentawai, Anggota Pos Al Simaobu’ dan Anggota DKP Mentawai, melakukan aksi spektakuler pengibaran sang saka merah putih di Dasar laut Pulau Awera, sebagai bukti cinta tanah air dan sekaligus mengajak  masyarakat untuk cintai laut.

“Aksi tersebut kita dilakukan sebagai wujud kecintaan kita terhadap tanah air, sekaligus mengajak masyarakat mencintai laut artinya laut merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang  harus dijaga, tidak menghancurkan terumbu karangnya, tidak membuang sampah ke laut dan sebagainya,” kata Dandim 0319 Kabupaten Kepulauan Mentawai Letkol. Arh. Fhitrizal Setiawan kepada haluan sesaat akan terjun, Selasa sore kemarin, (16/8) di perairan pulau Awera.

Untuk menyukseskan aksi itu dikatakannya semua pihak yang terlibat dalam aksi itu sudah melakukan simulasi dan latihan terlebih dahulu pada jauh-jauh hari, sebab untuk melakukan upacara di dasar laut itu dikatakannya tidak gampang dan penuh dengan tantangan oleh karenanya dibutuh orang-orang yang sudah terbiasa menyelam.

“Pada Pengibaran bendera sang saka merah putih bawah laut diikuti sebanyak 15 anggota diving, yang lokasinya dipusatkan di perairan pulau Awera Tuapeijat dengan kedalaman 20 Meter. Upacaranya dilaksanakan lebih awal sehari sebelum tanggal 17, yaitu pada hari selasa 16 agustus, Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program Coremap-CTI,” kata Fithrizal.

Dikatakannya hal tersebut merupakan aksi yang kedua kalinya dan dia berharap dengan dukungan semua pihak kegiatan tersebut bisa sukses, berjalan sesuai dengan rencana.  (Nobel)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.