Saatnya Serda Irwanto Bertanya Kepada Suwaji Kuli Penjemur Padi

Pati – Hari ini cuaca sangat terik, matahari pun bersinar tanpa terhalang awan ataupun mendung. Kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh Bapak Suwaji (53) warga Dukuh Kalimati, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, untuk menjemur padi/gabah di lahan kosong pinggir jalan yang bisa dilewati TNI Satgas TMMD.

Suwaji adalah kuli penjemur padi yang bekerja pada salah seorang tengkulak yang berada di Desa Tamansari. Ia mengaku ketika musim panen seperti ini dirinya tidak pernah berhenti bekerja dari tengkulak satu ke tengkulak lainnya.

Terlihat di pelataran tempat menjemur padi, Serda Irawan anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati, sedang berbincang-bincang dengan Pak Suwaji. Mereka terlihat serius dengan berbagai macam pertanyaan yang lontarkan kepada Suwaji seputaran kegiatan TMMD di desanya.

Suwaji dalam kesempatan tersebut mengatakan, dirinya melakukan pekerjaan ini sudah lama setiap musim panen padi. Sebenarnya ia pun merasakan berat, namun karena tuntutan hidup semua itu ia lakukan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

” Ya begini rasanya menjemur gabah, kalau panas seperti ini enak, tinggal dibolak-balik saja. Tapi kalau cuaca tidak menentu, itu yang paling menyusahkan. Harus berkali-kali menggelar dan berkali-kali pula mengumpulkan dan menutup dengan terpal,” ujar Suwaji (0718)