Reaktif Antigen, Pasien Meninggal Di Mentawai Dimakamkan Sesuai Prokes

0

Mentawai, EkspresNews.com – Salah satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mentawai, seorang laki-laki JH (70) tahun asal Desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara, meninggal dalam perawatan di ruang isolasi, Minggu (11/4/2021) malam.

Mengingat pasien sesuai hasil Rapid Antigen dinyatakan reaktif, jenazah pasien yang telah makamkan di pemakaman umum RSUD Mentawai pada Senin (12/4/2021) siang itu, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan (prokes) penanganan jenazah Covid-19.

Hal itu dikatakan Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Mentawai, Lahmuddin Siregar, saat dimintai keterangan melalui handphone seluler miliknya Senin, (12/4/2021).

“Iya pak, jadi penyakit bawaan pasien sangat menentukan, karena sesuai hasil rapid antigen positif, makanya dilakukan penanganan sesuai ketentuan” katanya.

Lebih lanjut Lahmuddin menuturkan, pasien JH rencananya akan dirujuk ke kota Padang, namun karena kondisi pasien melemah dan akhirnya pasien menghembuskan napas terakhir, sehingga niat untuk merujuk pasien dibatalkan.

“Rencananya pasien dirujuk, tapi belum sempat dirujuk, pasien meninggal” jelasnya.

Sementara diketahui hasil sampel swab pasien tersebut yang telah dilakukan pihak RSUD akan dikirim hari ini Senin, (12/4). Apabila hasil swab pasien positif, pihaknya akan melakukan tracking.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus mematikan itu.

“Hari ini hasil swab akan dikirim. Dan apabila hasilnya positif, kita lakukan tracking keluarga pasien dan tekankan disiplin prokes” ujarnya.

Lahmuddin menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya pasien. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Yang Kuasa, dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan.

Lahmuddin menambahkan, pasien yang merupakan pensiunan PNS sebagai guru itu, telah bekerja keras melahirkan generasi Mentawai yang berkualitas.

“Kami berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya pasien. Beliau merupakan pensiunan PNS seorang guru dan sudah berjasa untuk Mentawai” tutupnya. (N)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.