Ratusan Jurnalis Lepas Kartu Pers dan Taburkan Bunga di Depan Kantor Gubernur Sumbar

PADANG, EKSPRESNEWS.COM – Ratusan jurnalis yang tergabung dalam Koalisi Wartawan Anti Kekerasan (KWAK) Sumatera Barat (Sumbar), menggelar aksi tabur bunga dan melepas kartu Id Card Pers di di depan Kantor Gubernur Sumbar, Rabu (10/5).

Acara tabur bunga dan pelepasan kartu pers yang dilakukan oleh Wartawan Sumbar merupakan bentuk dari kekecewaan wartawan terhadap Pomprov Sumbar. Kejadian ini di picu karena pada saat pelantikan Wakil Walikota Padang pada Selasa 9 Mei 2023 wartawan dilarang untuk Meliput acara pelantikan tersebut.

Aksi tersebut dilakukan para jurnalis tepat dihadapan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Hansastri dan jajaran yang terlihat sempat menyambangi massa aksi.

Untuk menyuarakan kekecewaan tersebut, seorang orator bahkan ikut menyampaikan bahwa, “Ini adalah simbol dari matinya kebebasan pers di Sumbar. Jika memang Pemprov Sumbar tak butuh wartawan, kami pun tidak butuh itu.” ujarnya.

Menanggapi hal ini, ia kemudian juga menyuarakan kepada para jurnalis untuk sepakat agar menghilangkan nama-nama pejabat Pemprov Sumbar dalam setiap pemberitaan di media masing-masing.

Sejalan dengan pemaknaan terancamnya kebebasan pers, para Jurnalis telah memasukkan laporan atas dugaan tindak pidan ke Polda Sumbar. Pemprov dalam hal ini oknum pejabat dilaporkan telah melanggar pasal 18 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

(Rahma Aulia dan Ranzela Susmitha)