Ranperda Kepemudaan Sumbar Sah Jadi Perda

0




EkspresNews.com – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Kepemudaan yang diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Sumbar, Rabu (13/12/2017).

Ketua Pembahasan Ranperda, Hidayat mengatakan bahwa pemuda adalah generasi penerus bangsa. Peran pemuda memiliki makna dan nilai strategis serta signifikan dalam menentukan masa depan dalam mencapai cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

“Oleh sebab itu, ini ditujukan untuk memaksimalkan peran dan meningkatkan mutu kegiatan kepemudaan di tingkat Provinsi Sumatera Barat agar dunia kepemudaan lebih berkualitas prima,” ujar Hidayat saat sidang paripurna.

Dikatakannya, untuk pembahasan ranperda ini, pihaknya telah melakukan studi banding ke beberapa instansi daerah. Seperti Ditjen Produk Hukum Daerah Kemendagri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan organisasi lainnya. Bahkan dilakukan studi banding ke Sulawesi Selatan.

“Isu yang krusial dibahas disana adalah persoalan narkoba dan korupsi,” terangnya.

Kemudian, Ketua Komisi V tersebut berharap pemerintah daerah dapat mengakomodir segala aspek tentang kepemudaan. Sementara itu, 9 fraksi di DPRD Sumbar menyetujui pengesahan Ranpersan Kepemudaan menjadi sebuah Perda. (Asra)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.