Pulau Belibis Menyimpan Berjuta Mutiara

IMG-20180318-WA0021-640x428

EkspresNews.com – Disebuah Kota yang berada yang berada di daerah Provinsi Sumatra Barat terdapat sebuah pukau yang sangat sangat indah yaitu Pulau Belibis di Kota Solok. Pulau tersebut menjanjikan potensi pariwisata yang sangat besar, di pulau tersebut terdapat burung belibis lalu lalang di tengah pulau yang siap memanjakan mata para pengunjung.

Letak pulau belibis ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Solok, untuk dapat sampai ke pulau tersebut jika kita akan menempuh perjalanan selama kurang lebih sepuluh menit dari pusat Kota Solok. Jalan yang akan kita lewati menuju Pulau Belibis tidak lah jalan rusak tetapi jalan yang diaspal bagus dan pohon-pohon yang berada di pinggiran jalan tersusun dengan  baik. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal untuk memasuki kawasan Pulau Belibis ini maka semua orang dapat berwisata ketempat ini.

Pada saat menuju Pulau Belibis ini kita juga dapat memandang indahnya perkampungan warga dan gelanggang Pacu Kuda Ampang Kualo yang bearada di Kecematan Tanjung Harapan Kota Solok.

Selain menikmati ke indahan gelanggang Pacu Kuda ini kita juga dapat menikmati kuliner yang langsung berasal dari hasil pertanian di dekat daerah ini, seperti, beras Solok, sayuran dan buah-buahan.

Jika kita sudah berada di lokasi Pulau Belibis ini maka jiwapun terasa segar dan nyaman karena kesejukan udara dan angin yang berhembus sepoi-sepoi, bermacam wahana permainan siap memanjakan kita sehingga rasa lelah kita pun hilang.

Selain dari mempersembahkan berbagai wahana permainan dan makanan khas lokal, di pulau itu juga di sediakan kolam pancing ikan yang akan mengisi waktu berkunjung kita ke pulau itu.

Keberadaan pulau tersebut sangat menjanjikan potensi yang sangat besar bagi kemajuan daerah selain dari peningkatan penghasilan pendapatan daerah (PAD) keberadaan pulau itu diyakini akan menunjang pertumbuhan perekononian masayarakat di sekitar pulau itu. Jika pemerintah daerah ketempat memperhatikan dan meningkatkan fasilitas untuk menunjang kemajuan obyek wisata tersebut.

Tentu, untuk mewujudkan impian mulia tersebut sangat dibutuhkan peranan pemerintah daerah dalam kemjauan pulau itu, seperti dalam hal peningkatkan sarana prasana wisata.

Anugrah Agung, selaku masayarakat dan juga pecinta wisata di Kota Solok mengungkapkan rasa ketertarikanya terhadap obyek wisata Pulau Belibis di daerah penghasil beras ternama itu.

Kalau kita lihat keberadaanya menyimpan mutiara yang sangat melimpah, yaitu menjanjikan keuntungan yang sangat besar bagi pemerintah dan masyakarat Kota Solok. Namun, itu semua butuh managemen dan sistem pengelolaan pariwisata yang baik.

Kelengkapan sarana dan sarana sangat nenunjang kemajuan pariwisata dan ke depan hendaknya juga di sediakan pemandu wisata daerah untuk memperkenalkan apa saja potensi daerah ini

Selain itu sebagai media promosi pemerintah setempat hendaknya memberdayakan seluruh kelompok sadar wisata yang ada guna mempromosikan obyek wisata tersebut yang nantinya akan berdampak kepada tingkat kunjungan masyarakat dari luar ke Kota Solok

Harapan saya, untuk menjamin keindahan dan kenyamanan wisata yang satu ini baik wisatawan dari luar dan dari dalam pemerintah tetap berpartisipasi didalamnya. Dengan menjaga sarana dan prasarana serta perawatan yang ada didekat lokasi maka pulau belibis ini akan didatangi oleh banyak  pengunjung dan ini sesuai dengan tujuan Kota Solok untuk menjadikan daerah ini pada tahun 2020 sebagai daerah kunjungan.

Pulau belibis ini adalah satu dari sekian banyak obyek wisata yang ada di kota Solok, masih banyak lagi obyek wisata yang dapat kita kunjungi jika datang ke daerah ini, seperti, Air Terjun Sarah Batimpo, obyek wisata Laing Park yang terletak di kelurahan Laing, obyek wisata Puncak payo, yang berada di payo dan menyuguhkan pemandangan nan eksotik dan masih banyak obyek wisata lainya yang dapat kita kunjungi jika berkunjung ke Kota Solok. (Edrin)