Profile Bupati 2 Periode Sutan Riska Tuanku Kerajaan

0

Ekspresnews.com – Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2 Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Datuk Labuan menjadi pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dharmasraya 2020 lalu.

Pasangan ini unggul jauh atas pasangan Panji Mursyidan-Yosrisal hanya mendapat suara sebanyak 40.934 suara yang menjadi kontestan pada alek demokrasi lima tahunan itu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska kembali terpilih sebagai bupati Dharmasraya periode 2021-2026.

Dari rapat pleno rekapitulasi, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Datuk Labuan mendapat suara terbanyak yakni 71.590 suara dari 115.029 surat suara.

Sebelum menjalankan amanah memimpin Dharmasraya, Sutan Riska dan Dasril menjalani pelantikan dan sumpah janji jabatan yang dipimpin Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada hari ini, Jumat (26/2/2021) di Auditorium Gubernuran.

Inilah profil lengkap Sutan Riska seorang pemuda yang akan memimpin Dharmasraya beberapa tahun ke depan.

Memiliki Segudang Pengalaman
Di usia yang cukup muda (31) tahun, laki-laki yang akrab disapa Sutan Riska ini memiliki paras yang rupawan.

Kendati berjiwa muda, suami dari Dewi Lopita Sari ini juga memiliki segudang pengalaman, baik di bidang pendidikan, organisasi, maupun politik.

Pemilik nama lengkap Sutan Riska Tuanku Kerajaan ini lahir di Solok pada 27 Mei 1989. Dia telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sutan Muhammad Athar.

Keluarga kecil itu pun kini akan mulai tinggal lebih lama di Kabupaten Dharmasraya dengan menempati Rumah Dinas Bupati Dharmasraya.

Di bidang pendidikan, Sutan memulainya dari SD Negeri 48 Sungai Rumbai. Kemudian dilanjutkan SMP Negeri 01 Sungai Rumbai, dan SMA Negeri 01 Sungai Rumbai.

Setelah itu merampungkan pendidikan di STIE Perdagangan Padang.

Tercatat Sebagai Bupati Termuda
Sutan Riska tercatat sebagai Bupati Dharmasraya termuda. Pasalnya pada Pilkada 2015 silam tepatnya 17 Februari 2016, dia dilantik diumurnya ke-26 tahun.

Berawal dari keprihatinannya soal pelayanan kesehatan di Dharmasraya yang tidak memadai, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan ikut serta dalam Pilkada 2015.

Saat menjabat, sejumlah perubahan mampu ia wujudkan dalam kurun waktu 3 tahun masa kerja yaitu akses jalan, fasilitas kesehatan dan rumah ibadah yang semakin memadai.

Tak hanya itu, sejumlah sektor di Kabupaten Dharmasraya seperti pariwisata dan potensi budaya juga menjadi nilai plus yang dapat membuat elektabilitasnya melambung. Demi membuat daerah kerajaan Melayu tersebut semakin dikenal ia menggelar Festival Budaya Pamalayu rutin tiap tahunnya.

Jabatan Mentereng
Selain menjadi Bupati, anak muda keturunan kerajaan Melayu Dharmasraya juga merupakan Wakil Direktur Roembay Plaza dan Direktur PT. Putra Rumbai Mandiri.

Kemudian, dia juga aktif menjadi bendahara DPC PDIP Dharmasraya serta menjadi Ketua Pengurus Daerah Karate-Sho-Tokai Sumatra Barat. Tak hanya itu, dia juga merupakan Raja Koto Besar.

Comments

comments

About author