Potret Rumah Limasan Ciri Khas Bangunan Warga Desa Tamansari Yang Direhab Satgas TMMD Reg.111 Kodim pati

0

Pati – Masyarakat suku Jawa yang memiliki rumah adat yang sudah terkenal yakni Joglo sudah terkenal diseantero dunia. Begitu juga dengan Kabupaten Pati khususnya desa Tamansari Kecamatan Jaken Kabupaten Pati yang rata-rata rumah milik warganya yang berbentuk limasan.

Rumah adat limasan ini berdasarkan filosofi yang berkembang di kalangan masyarakat. Arah timur berarti Matoari Edop, di mana matahari muncul dan melambangkan awal mula kehidupan manusia. Sedangkan arah barat berarti Matoari Mati, di mana matahari terbenam dan melambangkan akhir dari kehidupan.

Ini diungkapkan oleh Santoso 2/2 pemilik rumah yang mendapatkan bantuan rehab dari program TMMD hari minggu, 06 Juni 2021. “Kebanyakan masyarakat sini rumahnya berbentuk limasan karena sudah tradisi masyarakat jawa,”ungkapnya kepada media.

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.