Populasi Pohon Siwalan Di Tamansari Semakin Berkurang

Pati – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, tempat digelarnya kegiatan TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati adalah salah satu desa diwilayah Kecamatan Jaken yang banyak terdapat pohon siwalan.

Pohon ini merupakan ikon Desa Tamansari, namun timbul keprihatinan dari Serda Irwanto salah satu anggota Satgas TMMD Reguler Kodim. Pasalnya saat ini populasi pohon siwalan didesa tersebut sudah semakin berkurang sering dengan perluasan lahan pemukiman warga.

Seperti terlihat saat ini, Serda Irwanto sedang bersama Ibu Sumartini (50) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang sedang membersihkan daun siwalan yang baru saja ditebang. Hal itu yang mengundang keprihatinan Serda Irwanto.

Irwanto menjelaskan, dirinya merasa prihatin dengan ditebangnya pohon siwalan tersebut. Tapi bagaimana lagi, warga sendiri yang menghendaki. Ia berharap pohon siwalan agar dipertahankan sebagai ikon desa.

“Pada dasarnya pohon siwalan seperti pohon kelapa, semuanya berguna, dari mulai batang, daun dan buahnya. Sehingga pohon ini sebenarnya bisa membawa manfaat bagi warga masyarakat apabila merawat dan melestarikan,” ungkapnya. (0718)