Polda Sumbar Berhasil Ringkus 139 Tersangka

0
EkspresNews.com – Pengedar narkoba berjenis Shabu dan ganja meningkat di Sumatera Barat (Sumbar) bila dibandingkan pada 2016 lalu. Kepala Bidang Humas Polisi Daerah (Polda) Sumbar Syamsi mengatakan, dalam operasi antik tahun ini, terdapat 80 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 139 orang. Jumlah tersebut katanya, meningkat 40 Persen bila dibandingkan dengan hasil operasi antik di tahun 2016.
IMG_2511“Tahun lalu, terdapat 54 kasus dengan jumlah tersangka 67 orang. Terjadi peningkatan di tahun ini,” katanya saat Press Release di Polda Sumbar pada Senin (17/4) tadi pagi. Ia mengatakan, operasi antik yang dilakukan sejak 26 Maret sampai 18 April 2017 itu ada yang berdasarkan target dan ada pula yang nor target. “Kasus target sebanyak 22 kasus, sementara non target sekitar 55 kasus,” katanya. Katanya, pada Selasa (11/4), pihaknya berhasil meringkus dua penyakit masyarakat tersebut di tempat yang berbeda.
“Pukul 19.45 Wib tempat kejadian perkara pertama di Pinggir Jalan Baru Sungai Limau Kenagarian Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Pariaman. Sedangkan Kejadian yang kedua di Mushalla Al Jabar Nur Perumahan Taman Andalusia Kampung Jua Kota Padang pada pukul 23.45. kedua hal tersebut sama-sama kasus tindak pidana secara tanpa hak dan melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, menjual, membeli, menerima menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika golongan I bukan tanaman jenis shabu,” katanya menjelaskan.
Tersangka dalam kasus tersebut, lanjutnya, adalah inisial A, seorang laki-laki berumur 63 tahun. Sehari-hari tersangka tersebut bekerja sebaga petani di Sungai Geringging kabupaten Padang Pariaman. “Kemudian kasus tersebut dikembangkan, terdapat DP sebagai tersangka. Ia seorang laki-lai yang berumur 36 tahun. Sehari-hari bekerja sebagai karyawan Swasta,” jelasnya.
Syamsi menjelaskan kronoligis penangkapan untuk kedua tersangka tersebut. Katanya, pada Selasa (11/4), pada saat dilakukan penangkapan pada tersangka ditemukan sedang membawa barang bukti berupa empat paket shabu yang dibungkus dalam plastik warna bening seberat lebih kurang 17,04 Gram. Setelah dilakukan pengembangan, ditangkap pula tersangka berinisial DP. Setelah dilakukan penggeledehan di rumah A di daerah Kelurahan Pisang ditemukan satu paket Shabu seberat lebih kurang 0,72 Gram dan seperangkat alat Hisab Shabu. “Berdasarkan keterangan dari tersangka, barang haram tersebut dibawa dari Medan,” katanya.
Sementara itu, Direktur Narkoba Polda Sumbar Kumbul mengatakan, pasal yang disangsikan kepada tersangka-tersangka tersebut adalah pasal 114 ayat 2 sub pasal 112 ayat 2 sub pasal 132 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Selain itu, katanya, ancaman hukuman dipidana mati atau seumur hidup atau penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun. Kemudian katanya, tersangka-tersangka tersebut bersal dari profesi yang berbeda, seperti buruh, karyawan swasta, sopir, petani, dan yang lainnya. “Pelajar tidak ada,” katanya. (Asra)

Comments

comments

About author