PLN Lubuk Basung Atasi Gangguan, 3462 KK Belum Dapat Listrik di Agam

0

EkspresNews.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sedang giat melakukan penggantian jaringan dari A3C (kabel telanjang) dengan A3C-S (kabel yang berisolasi) dalam mengatasi gangguan pemadaman di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Manajer PLN Ranting Lubuk Basung, Monli Arsyi di ruang kerjanya Sabtu kemarin kepada Indonesia Raya (Affiliasi EkspresNews). Dia mengatakan, pengantian jaringan ini telah dilakukan sejak beberapa minggu lalu di Kecamatan Lubuk Basung. Pengantian jaringan ini dilakukan setiap Sabtu, karna pada hari tersebut kantor-kantor tidak buka atau kerja dan selama pengantian itu dilakukan pemadaman listrik dari pukul 9:00 WIB sampai 16:00 WIB.

Dengan kondisi ini, pihaknya meminta maaf kepada pelanggan karena terjadi pemadaman listrik selama delapan jam pada hari tersebut. Mengenai hal tersebut, pihaknya memberikan informasi kepada pelanggan terkait pemadaman yang dilakukan selama perbaikan jaringan.

Menjawab Indonesia Raya, dana untuk perbaikan jaringan ini berasal dari PLN Wilayah Bukittinggi dan PLN Rayon Lubuk Basung hanya mengusulkan untuk perbaikan jaringan itu. Perbaikan jaringan ini bertujuan untuk mengurangi gangguan, saat curah hujan tinggi, disertai angin kencang dan mengatasi warga terkena arus saat melakukan aktifitas di sekitar jaringan itu.

“Kita tidak menginginkan ada gangguan aliran listrik kepada komsumen baik hari biasa maupun saat curah hujan tinggi disertai angin kencang, apalagi korban terkena arus saat melakukan aktifitas,” katanya.

Mengenai tungakkan dia menjawab, tunggakkan dari instansi pemerintahan tidak ada, namun tunggakan pribadi konsumen ada sebanyak 9100 konsumen yang menunggak, terdiri dari empat bulan keatas sebanyak 200 pelanggan sedangkan 2 bulan keatas 8900 pelanggan.

Disamping itu dia mengatakan saat ini ada 3462 Kepala keluarga (KK) yang belum di aliri listrik dan minta dipasangkan listrik di Kabupaten Agam ini. Yakni kecamatan yang mengusulkan Palembayan, Matur, Nagari Sungai Puar, Malalak, dan Tilatang Kamang, permohonan tersebut, ungkapnya akan dilayani pada tahun depan (2017).

Lebih lanjut dia menambahkan, saat ini jumlah pelanggan Lubuk Basung berjumlah sebanyak 41.373 pelanggan, yang tersebar di enam unit yakni, Unit Lubuk Basung, Batu Kambing, Palembayan, Maninjau, Tiku, Batu Nanggai dan Padang Koto Gadang. (Dt TM)

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.