Pj Wako Sonny Apresiasi Bimtek Ketahanan Pangan UPI YPTK Padang

PADANG PANJANG, EKSPRESNEWS.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si  mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Ketahanan Pangan yang digelar Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang di Kota Padang Panjang.

Kegiatan yang menyasar Kelompok Wanita Tani (KWT) Pedagang Sayur Keliling, Kelurahan Tanah Pak Lambik ini telah berlangsung sejak Agustus 2023 lalu dengan berbagai materi. Mulai dari pengelolaan produk UMKM hingga pemasaran produk melalui e-Commerce.

“Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas bimtek yang telah dilakukan UPI YPTK di Padang Panjang,” ujar Sonny saat menerima kunjungan tim pelaksana kegiatan dari UPI YPTK di ruang kerjanya, Selasa (30/1).

Sonny melanjutkan, kegiatan ini sejalan dengan Padang Panjang yang tidak hanya terkenal sebagai Kota Pendidikan tetapi juga terkenal dengan geliat ekonominya yang dimulai dari UMKM.

“Bimtek seperti ini dapat memberikan efek positif untuk peningkatan pemasaran UMKM kita. Kami berharap kerja sama dan hubungan baik ini akan terus berlanjut. Sehingga lebih banyak lagi hal-hal positif yang bisa kita lakukan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UPI YPTK, Dr. Ir. Sumijan, M.Sc menyebutkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 20 peserta. Diisi dengan materi mengenai pengelolaan produk UMKM berbahan sayur kale sebagai salah satu komoditas sayur di Padang Panjang untuk dipasarkan melalui e-Commerce.

“Kegiatan ini bertujuan mewujudkan UMKM produk kale agar dapat mengembangkan sayuran ini dengan inovasi serta variasi dari pengolahan tanaman kale di Padang Panjang,” sebutnya.

Ditambahkannya, era Industry 4.0 dan Society 5.0 yang menjadi sebuah keharusan untuk memperbaiki dan meningkatkan agar dapat beradaptasi dengan perubahan.

“Petani saat ini harus melek dengan teknologi. Agar bisa membuat inovasi kreatif sehingga bisa memasarkan produk secara digital. Kemudian pemanfaatan e-Commerce diharapkan pelaku usaha bisa memperoleh pelanggan dan meningkatkan penjualan melalui internet,” ungkap Sumijan yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPI YPTK.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Asisten II, Ewasoska, S.H, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Ade Nefrita Anas, M.P, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Yan Kas Bari, S.E, Kabag Tapem Setdako, Marjulas Sabri, M.E, Lurah Tanah Pak Lambik, Romi Sahputra, S.H dan pihak terkait lainnya. (Dian)